PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN

Lukman Hakim hsb, Almira Amir, Fery Kurniawan

Abstract


Penelitian ini berjudul Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning dengan Berbantuan Media Audio Visual pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan istilah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Define, design, develop, and disseminate). Untuk memperoleh kelayakan bahan ajar LKPD terbatas digunakan tiga uji analisis yaitu uji validitas, uji praktikalitas dan uji efektivitas. Uji coba dilakukan di SMA Negeri 1 Hutabargot. Hasil Penelitian ini berupa lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning dengan berbantuan media audio visual pada materi sistem pernapasan manusia yang layak berdasarkan hasil penilaian ahli desain dengan persentase 95%, ahli materi 94%, dan ahli bahasa 88% sehingga termasuk ketegori sangat valid. Kemudian hasil analisis dari lembar praktikalitas guru mendapatkan persentase 100% dengan kategori sangat praktis, dan hasil penelitian terhadap peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Hutabargot mendapatkan persentase 93,7% dengan kategori sangat praktis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis PBL untuk SMA layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran. Tingkat kevalidan lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning dari ketiga ahli validasi yaitu ahli desain, ahli materi, dan ahli bahasa dikategorikan sangat valid.

 


Keywords


Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik, Model 4D, Problem Based Learning, Media Audio Visual, Sistem Pernapasan Manusia

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Ahmad, Muthi’ah Amaliyah, and Hamka Lodang. 2023. “Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Dibelajarkan Menerapkan Model Teams Games Tournament dengan Model Pembelajaran Langsung.” 12(1).

Astuti, Sry, Muhammad Danial, and Muhammad Anwar. 2018. “Pengembangan Lkpd Berbasis Pbl (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia.” Chemistry Education Review (CER) (1):90. doi: 10.26858/cer.v0i1.5614.

Effiyanti, Tri, Dita Eka Pratiwi, and Muhammad Bukhori Dalimunthe. 2018. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi.” Niagawan 7(1):44–49.

Fakultas, Mahasiswa, Tarbiyah Dan, and Prodi Pendidikan Biologi. n.d. “Pengembangan Lkpd Berbasis Nilai-Nilai Islami Pada Materi Sistem Pernafasan Di Mtsn.”

MISRIANI, M., D. Gusfarenie, and R. Safita. 2021. “Desain Majalah Biologi Berbasis Al-Qur’an Dan Hadist Untuk Madrasah Aliyah.”

Nolinda, Y. 2019. “Pengembangan LKPD IPA Berbasis Search, Solve, Create and Share (SSCS) Pada Organ Pernapasan.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.

Purboningsih, Dyah. 2015. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Guided Discovery Pada Materi Barisan Dan Deret Untuk Siswa SMK Kelas X.” Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2015 468–69.

Safitri, Dewi. 2022. “DESAIN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI PENUNTUN PRAKTIKUM BIOTEKNOLOGI UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS.” הארץ (8.5.2017):2003–5.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v10i1.163-174

Article Metrics

Abstract view : 489 times
PDF - 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.