EFEKTVITAS MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN TEKNIK CONCEPT MAP

Aslamiyah Rambe, Syahruddin Aritonang

Abstract


Penelitian ini mengevaluasi efektivitas modul pembelajaran fisika berbasis model inkuiri dengan teknik concept map terhadap tingkat pemahaman konsep fisika dan kemampuan berpikir kritis siswa di SMA N 6 Padangsidimpuan.  Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan desain one-shot case study. Data dikumpulkan dengan hasil belajar siswa dan angket. Hasil dan temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengguna, angket dan modul berbasis inkuiri dengan concept map secara efektif meningkatkan pemahaman konsep fisika dan kemampuan berpikir kritis siswa. Skor rata-rata  dari pengetahuan siswa adalah 80,20 (predikat B), keterampilan 82,86 (predikat B), dan sikap 80,17 (predikat B). Modul dan LKS dinilai sangat efektif dengan skor masing-masing 81 dan 84. Analisis efektivitas menunjukkan rata-rata efektivitas modul 81% dan LKS 84%. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan ini merupakan strategi yang efektif dalam pembelajaran fisika di tingkat SMA, memberikan kontribusi positif dalam pengembangan kompetensi siswa.

Keywords


Modul Pembelajaran Fisika, Teknik Concept Map, Efektivitas Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Amirah Zahra Muthi, Nuraida Rezeki Fadhilah, Desy Safitri, & Sujarwo Sujarwo. (2023). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Video Dokumenter dalam Pembelajaran IPS pada Siswa SMP. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 1(6), 104–116. https://doi.org/10.61132/morfologi.v1i6.116

Firmansyah, H. (2024). Analisis Penerapan Pendekatan Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Sejarah. 4, 7832–7842.

Larasati, E. (2023). Pengembangan Media Ajar Kartu Semesta utuk Memperkaya Glosarium Siswa SMA pada Mata Pelajaran Biologi. Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, Dan Terapan Teknologi, 2(1), 37–44. https://doi.org/10.58797/pilar.0201.05

Markos Siahaan, S., & Permatasari, A. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Peer Instruction untuk Mengetahui Pemahaman Konsep dan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 13(2), 325–332.

Martatis, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika. Journal of Educational Research and Humaniora (JERH), 1, 24–33. https://doi.org/10.51178/jerh.v1i2.1367

Munasih. (2023). Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model Peta Konsep Concept Mapping pada Siswa Kelas XII-1 Semester Ganjil SMAN 8 Samarinda Tahun Pelajaran 2023/2024. EDUCATIONIST: Journal of Educational and Cultural Studies, 2(2), 116–128. https://jurnal.litnuspublisher.com/index.php/jecs/article/view/173%0Ahttps://jurnal.litnuspublisher.com/index.php/jecs/article/download/173/180

Nababan, D., & Sipayung, C. (2023). Pemahaman Model Pembelajaran Kontekstual dalam Model Pembelajaran (CTL). Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 825–837.

Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023). Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 5(September), 84–90. https://doi.org/10.33884/psnistek.v5i.8067

Saputri, R. D. I. (2022). Analisis kemampuan peserta didik dalam pemahaman konsep matematis aljabar menggunakan metode penugasan. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 2022. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Siswanto, D. H., Alghiffari, E. K., Pujiastuti, N. I., Author, C., & Hadi, D. (2024). Implementation of the CTL Model as a Strategy to Increase Interest in Learning Mathematics Implementasi Model CTL sebagai Strategi Peningkatkan Minat Belajar Matematika. 3(2), 61–74.

Taneo, M. M., Hidayah, N., & Holifah, Y. (2023). Merdeka Belajar Dengan Kontruktivisme: Strategi Dan Implementasi Untuk Membangun Pengetahuan Yang Bermakna. Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik Dan Peneliti Sains Indonesia, 2, 22–28.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v9i2.345–350

Article Metrics

Abstract view : 140 times
PDF - 92 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.