Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

  • Bidang Ilmu Matematika
  • Bidang Ilmu Kimia
  • Bidang Ilmu Bilogi
  • Bidang Ilmu Fisika
  • Rekayasa Sains
  • Pembelajaran MIPA

 

Kebijakan Bagian

Artikel

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Setiap artikel yang masuk ke staf editorial akan dipilih melalui proses review awal oleh tim editor. Kemudian artikel akan dikirim ke Mitra Bestari / rekan reviewer dan akan dilakukan proses pratinjau Double Blind. Setelah itu, artikel akan dikembalikan kepada para penulis untuk direvisi. Proses ini memerlukan waktu maksimum sebulan. Dalam setiap proses peer reviewer, naskah akan dinilai dari aspek teknis dan substansial. Tim Mitra Bestari / tim reviewer yang berkolaborasi dengan EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA merupakan ahli di lingkup penelitian dan pembelajaran MIPA. Mereka berpengalaman dalam manajemen jurnal dan publikasi baik nasional maupun internasional.

Semua artikel yang diterima akan dievaluasi oleh tim editor. Artikel yang dievaluasi oleh editor apabila tidak sesuai dengan ruang lingkup dan kriteria jurnal tim editor dapat menolak segera tanpa ulasan eksternal. Artikel dievaluasi agar menarik bagi pembaca kami. Kemudian akan dikirim tim reviewer secara acak. Editor kemudian membuat keputusan berdasarkan  rekomendasi tim mitra bestari / tim reviewer dengan beberapa kemungkinan: ditolak, revisi diperlukan, atau diterima.

Editor memiliki hak untuk memutuskan mana naskah-naskah yang akan diterbitkan. Proses peninjauan:

  1. Pengiriman naskah oleh penulis
  2. Evaluasi oleh editor
  3. Prosess peer riview dengan double blind
  4. Diskusi tim editor berdasarkan hasil evaluasi dan rekomendasi tim mitra bestari / tim riview
  5. Memberikan konfirmasi kepada penulis

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.