ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN GRAB
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis beberapa pengaruh variabel seperti citra merek, kualitas pelayanan, harga dan promosi jasa transportasi Grab terhadap kepuasan konsumen. Data diperoleh dari total sampel 105 responden yang merupakan mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Negeri Medan. Analisis yang dipakai adalah regresi linier berganda menggunakan bantuan software SPSS. Variabel bebas dalam riset ini adalah citra merek (X1), kualitas pelayanan (X2), harga (X3), promosi (X4) dan kepuasan konsumen (Y ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa selain variabel X1, variabel X2,X3,X4 memberikan pengaruh terhadap kepuasan konsumen. Koefisien Determinasi (R2) adalah 52, 3% dan hasil uji F diperoleh bahwa keseluruhan variabel bebas memberikan pengaruh pada kepuasan konsumen (Y ). Hasil lack of fit test menun-jukkan bahwa model linier cocok atau sesuai untuk menjelaskan hubungan1antara variabel independen (X1, X2, X3, X4) dengan variabel Kepuasan1Konsumen (Y ).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fandy, T. (2008). Strategi Pemasaran Edisi II Cetakan Ketiga. Yogyakarta: Andi Offsey.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Universitas Diponogoro.
Jasin, H. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan dan potongan harga terhadap kepuasan pelanggan GoFood. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 46 - 60.
Keller, K. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks .
Mursid. (2014). Manajemen Pemasaran Cetakan 7. Jakarta: Bumi Aksara.
Nawarcono, W. (2019). Pengaruh harga, pelayanan, dan variasi jasa terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan transportasi online (studi kasus pada pelanggan Go Jek di Kota Yogyakarta). Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis.
Riduwan, d. (2017). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika Cetakan & . Bandung: Alfabeta.
Ruru, P.U dan Hendra, S. (2017). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap sayuran organik di pasar Sambas Medan. Jurnal Niagawan, 44 - 53.
TopBrand. (2023). Topbrand Index Jasa Transportasi Online. https://www.topbrand-award.com/en/2020/06/jasa-trasnportasi.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v9i2.390-399
Article Metrics
Abstract view : 147 timesPDF - 99 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.