PENGGUNAAN INDIKATOR ALAMI KAJIAN ASAM BASA PADA LKS BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENUMBUHKAN KEDISPLINAN SISWA

Adilah Wirdhani Lubis, Mesrawati Laia, Uswatun Hasanah S

Abstract


Pada penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan penggunaan dari indikator alami kajian asam basa pada LKS dan medeskripsikan pengaruh penggunaan LKS terintegrasi indikator alami pada kajian asam basa pada pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar dan menumbuhkan kedisplinan siswa. Metode pada penelitian ini one group design yakni penelitian yang hanya dilakukan pada satu kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, pretes dan postes dan lembar observasi kedisplinan siswa. Hasil penelitian ini diperoleh persentase rata-rata observasi keterlaksanan pembelajaran sebesar 100% dengan kategori sangat baik, dengan nilai rata-rata pretes sebesar 46,1 dan nilai rata-rata postes sebesar 81 dengan N-Gain skor pada pretes dan postes sebesar 0,5 dangan kategori sedang dan persentase N-Gain sebesar 56,10%. Sedangkan pada kedisplinan siswa di dapatkan N persentase rata-rata sebesar 89,53% yang dapat dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan indikator alami kajian asam basa pada lks cukup efektif dapat meningkat hasil belajar siswa dan menumbuhkan kedisplinan siswa dalam pembelajaran.


Keywords


Indikator Alami, LKS, Hasil Belajar dan Kedisplinan Siswa

Full Text:

PDF

References


Annisa, L., & Wakijo, W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Trimurjo. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 7(1).

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Astuti, Tri. 2015. Manajemen Praktikum Pembelajaran IPA. Manajer Pendidikan, 9(1), 57-64.

Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz media.

Hendro Darmodjo dan Jenny R.E. Kaligis.(1992). Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Ghalia Indonesia

Issac Stephen and William B. Michael. 1977. Handbook in Research and Evaluations. San Diego, California: Ediths Publisher

Khoirul. Nikmah dan Suyono. 2015. Penerapan strategi pembelajaran conceptual change untuk meremediasi miskonsepsi pada konsep asam- basa siswa kelas XI IPA SMAN 1 Waru Sidoardjo. Journal of Chemical Education, 4(3), 541–550

Manshur, A. (2019). Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 16-28.

Muh. Fitrah, 2018, Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus, Jejak Publisher, Jakarta.

Nugraha, Mulyawan Safwandy, and Ari Daryani. "Implementasi Pengelolaan Sarana dan Prasarana Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Berdasarkan IASP Tahun 2020 di MAN Kota Cimahi." Journal on Education 6.4 (2024): 18478-18494.

Nurhendrayani, H. (2017). Disiplin di rumah, di sekolah dan di masyarakat. Researchgate.

Pangestu, Deviyanti. (2017). Tesis. Program Pascasarjana Magister Keguruan Guru SD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung : Pengembangan LKS berbasis discovery learning pada pembelajaran tematik siswa kelas IV Sekolah Dasar. (tersedia online), (http://digilib.unila.ac.id/ 26922/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf

Prastowo (2016:440). Pengaruh Total Assets Turnover dan Working Capital Turnover Terhadap Net Profit Margin Pada PT Mayora Indah, Tbk. dan Entitas Anak. FIN-ACC (Finance Accounting), 1(3).

Prastya, U. C. A., Sudarmiatin, S., & Sumarmi, S. (2016). Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif Make A match Berbantuan Slide Share Terhadap hasil Belajar Kognitif IPS dan Keterampilan Sosial. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(8), 1555-1560.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Syafri, Edi, et al. "Synthesis and characterization of cellulose nanofibers (CNF) ramie reinforced cassava starch hybrid composites." International journal of biological macromolecules 120 (2018): 578-586.

Virliantari, Dela Astria, Annisa Maharani, and Ukhti Lestari. 1846. “Pembuatan Indikator Alami Asam-Basa dari Ekstrak Kulit Bawang Merah ( Allium Ascalonicum L .)” : 1–6.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v9i2.307–322

Article Metrics

Abstract view : 331 times
PDF - 180 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.