PENGGUNAAN APLIKASI PHET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP PADA MATERI TEKANAN ZAT CAIR

Yohana Safitri, Enny Susiyawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan membandingkan keefektifan keterampilan proses sains menggunakan aplikasi PhET dan aktivitas laboratorium riil pada materi tekanan zat cair. Metode penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan desain pretest-posttest control group design dengan sasaran penelitian yaitu siswa kelas 8I berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas 8H berjumlah 31 orang sebagai kelas kontrol di salah satu SMP Kota Surabaya. Data diperoleh dengan metode tes dan angket yang kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitif. Aspek keterampilan proses sains yang diteliti pada peneliatian ini yaitu observasi, inferensi, pengukuran, mengkomunikasikan, mengklasifikasi, prediksi, mengontrol variabel, membuat hipotesis, menafsirkan data, dan mengadakan percobaan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eskperimen yang menggunakan aplikasi PhET lebih efektif dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan aktivitas laboratorium riil terbukti dengan hasil effect size sebesar 0,76 dengan kategori besar. Implikasi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa, guru dapat menggunakan aplikasi PhET sebagai alternatif aktivitas laboratorium riil pada materi tekanan zat cair atau materi-materi lain yang terintegrasi dalam aplikasi PhET, seperti getaran dan gelombang, gerak an gaya, dan lain sebagainya.


Keywords


keterampilan proses sains, aplikasi PhET, aktivitas laboratorium riil

Full Text:

PDF

References


Ahadi, G. D., & Zain, N. N. L. E. (2023). Pemeriksaan Uji Kenormalan dengan Kolmogorov-Smirnov, Anderson-Darling dan Shapiro-Wilk. Eigen Mathematics Journal, 11–19.

Ali, A. (2019). Penggunaan Media PhET Simulation untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Materi Fluida Statis di SMA Negeri 1 Padang Tiji. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh)

Anitasari, B., Winarti, A., & Rusmansyah, R. (2019). Media Simulasi Phet (Physics Education Technology) Untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Asam Basa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 10(1), 8. https://doi.org/10.20527/quantum.v10i1.5713

Arini, M., Abdul Hamid, Leny. (2015). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koloid Dengan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 11 Banjarmasin. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. Vol.6, No.1.

Arifin, M. M., Prastowo, S. B., & Harijanto, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Simulasi Phet Dalam Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 11(1), 16. https://doi.org/10.19184/jpf.v11i1.30612.

Arumningtyas, M., Budiyanto, M., & Purnomo, A. R. (2022). Penerapan Virtual Laboratory untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa di Masa Pandemi. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains. Vol 10(2).

Ayfer and Burçin Acar. (2016). Impact Of Virtual Chemistry Laboratory Instruction On Pre-service Science Teacher, Scientific Process skill.

Cohen, L., Manion, L., & Morisson, K. (2007). Research Methods in Education (6th Edition). New York: Routledge.

Doungporn, Y., Grit, B., Eckhard, T., Katharina, L., & Wurm, F. R. (2014). Biodegradable Lignin Nanocontainers. RSC Adv, 4, 11661-11663.

Fraenkel, J. R., & Norman E. W. (2023). How to Design and Evaluate Research in Education 11th Edition. Boston: McGraw-Hill Higher Education.

Juhji. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA.

Khoiriroh, F., Shofiyah, N. (2019). Perbedaan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VIII pada Penggunaan Laboratorium Riil dengan Laboratorium Virtual di SMP Negeri 1 Candi. Proceedings of the ICECRS. Vol 2(1)

IÅžIK, A. D., & Saygili, G. (2015). Supporting Of Cooperative Learning With Technological Tools. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 11(3).

Lenton, H., Crouch, C. H., & Heller, K. (2014). Teaching Physics with PhET Simulations. The Physics Teacher, 52(1), 46-49.

Liang Ye, Nai Sum Wong, and Joanna (2016). Design,Development and Evaluation of Biochemistry Virtual Laboratory for Blended Learning. GSTF Journal on Education (JED), 3 (2), 40 – 45.

Maulina, R. N., & Kustijono, R. (2017). Efektifitas pembelajaran fisika berbantuan media virtual PhET disamping pelaksanaan lab riil untuk melatihkan keterampilan proses sains. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF) (Vol. 1, pp. 65-69).

Muzana, S. R., & Lubis, S. P. W. (2021). Universitas Abulyatama Jurnal Dedikasi Pendidikan Penggunaan Simulasi PhET Terhadap. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 8848(1), 227–236.

Nirwana, H. D., Sri Haryani, Sri Hlogati. (2016). Penerapan Praktikum Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 10, No. 2

Pio, K. T. P., Yuwono, C. S. M., & Puspawati, D. A. (2019). Kegiatan Laboratorium dengen Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Jurnal Biologi Kontekstual (JBK), 1(1).

Rahma, A. A. (2021). Efektivitas Penggunaan Virtual Lab Phet Sebagai Media Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 47-51.

Rahmawati, R., Sri Haryani, & Kasmui. (2014). Penerapan Praktikum Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 8, No. 2.

Rusliati, E., & Retnowati, R. (2019). Inkuiri terbimbing pada laboratorium virtual dan riil untuk membangun penguasaan konsep dan keterampilan proses sains. JSEP (Journal of Science Education and Practice), 3(2), 46-55.

Salih, H. J. M., Arif, J. Y., & Sabri, S. Q. (2024). Collaborative Learning in Computer Labs for Science Education: A Systematic Review. Ascarya: Journal of Islamic Science, Culture, and Social Studies, 4(1), 12-23.

Sarı, U., Hassan, A. H., Güven, K., & Şen, Ö. F. (2017). Effects of the 5E teaching model using interactive simulation on achievement and attitude in physics education. International Journal of Innovation in Science and Mathematics Education, 25(3).

Shana, Z., & Abulibdeh, E. S. (2020). Science Practical Work And Its Impact On High Students' Academic Achievement. JOTSE, 10(2), 199-215.

Sholihan, M. I. W., Maridi, M., Ariyanto, J., & Setyanti, I. (2017). Inkuiri Terbimbing Sebagai Cara Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X MIA SMA. Bioedukasi UNS, 10(1), 1-8.

Subeki, R. S., Astriani, D., & Qosyim A. (2022). Media Simulasi PhET Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Getaran dan Gelombang terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains. Vol 10(1).

Supriyatman, A., & Sukarno, S. (2014). Improving science process skills (SPS) science concepts mastery (SCM) prospective student teachers through inquiry learning instruction model by using interactive computer simulation. International Journal of Science and Research, 3(2), 6-9.

Utami, L., & Adilla, R. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Menggunakan Virtual Laboratory Physics Education Technology (PhET) Pada Materi Indikator Asam Basa: Virtual Laboratory Physics Education Technology (PhET). Journal of Research and Education Chemistry, 4(1), 50-50.

Tekbıyık, A., & Ercan, O. (2015). Effects of the physical laboratory versus the virtual laboratory in teaching simple electric circuits on conceptual achievement and attitudes towards the subject. International Journal of Progressive Education, 11(3), 77-89.

Verdian, F., Jadid, M. A., & Rahmani, M. N. (2021). Studi Penggunaan Media Simulasi PhET dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 1(2), 39-44.

Wardani, A. T. D. & Rosdiana, L. (2022). Efektivitas Simulasi PhET dengan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP pada Materi Listrik Dinamis. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains. Vol 10(02).

Widiyatmoko, A. (2018). The effectiveness of simulation in science learning on conceptual understanding: A literature review. Journal of international development and cooperation, 24(1), 35-43.

Zainudin, Z. (2017). Pengembangan E-Learning Fisika Menggunakan Phet (Physics Educational Technology) Pada Materi Pokok Dinamika Gerak Lurus Berbasis Keterampilan Berfikir Kritis. Jurnal Pena Sains, 4(1), 22.

Zakariah, M. A., & Afriani, V. (2021). Analisis Statistik Dengan Spss Untuk Penelitian Kuantitatif. Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v9i2.248–256

Article Metrics

Abstract view : 608 times
PDF - 234 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.