PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS TINKERCAD MENGGUNAKAN MEDIA CANVA PADA MATERI RANGKAIAN LISTRIK SEARAH
Abstract
Kurangnya kegiatan praktikum fisika dalam proses pembelajaran di sekolah membuat peserta didik sulit memahami konsep materi fisika, salah satunya pada materi rangkaian listrik searah. Tidak lengkapnya alat praktikum yang digunakan untuk praktikum juga menjadi sebab jarangnya praktikum dilakukan dalam proses pembelajaran di sekolah. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mengembangkan E-LKPD berbasis tinkercad menggunakan media canva pada materi rangakaian listrik searah. Metode penelitian dan pengembangan (Development and Research) dengan menggunakan model Plomp. Penelitian ini baru sampai pada tahap uji coba tahap perancangan expert review karena keterbatasan waktu. Instrument yang digunakan berupa lembar validasi oleh dosen ahli yang menilai aspek penilaian isi, aspek kebahasaan, aspek konstruksi dan aspek penilaian media. Nilai validitas menggunakan skala Likert 1 sampai 4 menunjukkan nilai pada aspek isi 89,2%, aspek kebahasaan 85,3%, aspek konstruksi 90,6% dan aspek media 90,2%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriana, E., Syadiila., P., Alamsyah, T. (2022). The Multimedia Innovation in 21st Century: The Development of E-LKPD Based on Scientific Inquiry in Science Class. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research. 3(4), 731-736.
Apriyanto, C., Yusnelti., Asrial. (2019). Pengembangan E-LKPD Berpendekatan Saintifik Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Journal The Indonesian Society of Integrated Chemistry. 11(1), 38- 42.
Aslam, M., Asmawati, A., Adnan. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Salingtemas (Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat) Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA. Biotek. 9 (2), 224-243.
Fadilah, R., Yohandri., Yulkifli. (2020). Validity of Student Worksheet Based on Inquiry Based Learning Model Assited by Tracker Application. Journal of Physics : Conference Series. 1481 012125.
Fauzi, S. A., & Mustika, D. (2022). Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK). 4(3), 2492–2500.
Fitriyah, I., Ghofur, M. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Android dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 3 (5), 1957 – 1970.
Hidayah, A., Winingsih, P., Amalias, A. (2020). Development Of Physics E-LKPD (Electronic Worksheets) Using 3D Pageflip Based on Problem Based Learning on Balancing And Rotation Dynamics. Jurnal UST. 7(2), 36-43.
Khoiri, N., Kurniawan, A., Ismawati, E. (2023). Analisis Validasi E-LKPD berbasis PBL pada Topik Pengukuran Besaran Fisis Kelas X SLTA. Jurnal Penelitoan Pembelajaran Fisika. 14(2), p251-255.
Kholifahtus, Y., Agustiningsih., Wardoyo, A. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS). Edustream : Jurnal Pendidikan Dasar. 5 (2), 143- 151.
Marzuki, Sukrisna, B., Sudiarta, I. W., & Handayana, I. G. N. Y. (2021). Penguatan Materi Rangkaian Listrik Menggunakan Tinkercad untuk Siswa Pompes Cendekia Darul Lutviyah Murni NW Aikmel. Prosiding PEPADU. 3, 66–73.
Pandini, P., Muhammadi. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Macromedia Flash Di Kelas V SDN 41 Kota Lubuklinggau. Journal of Basic Education Studies. 4 (1), 1672- 1684.
Puspitasari, K., Rohmah, M. & Afifah, S. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Aplikasi Canva pada Materi Pelajaran IPS. JECO : Journal of Economic Education and Eco-Technopreneurship. 2 (2) 64-72.
Ratnadewi, et all., (2023). Pembelajaran Rangkaian Listrik dengan Aplikasi Tinkercad Circuit pada Akademisi di Indonesia. Jurnal ABDINUSL: Jurnal Pengabdian Nusantara. 7(3) 819-829.
Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa inggris. Abdimas Siliwangi. 4(2).335–343.
Rhiyanto, D., & Rachmadiarti, F.(2023). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Add-Ins Classpoint Materi Bioteknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada peserta didik kelas XII SMA/MA. Jurnal Bioedu Berkala Pendidikan Boilogi, 12(2).
Siregar, E. & Siregar, S.U.K.M., (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Berbasis ALgodo Materi Momentum dan Impuls, EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA. 8(2): 241-249.
Siregar, E., Fadilah, R., (2023) Pengembangan Media Canva Materi Listrik Statis. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA. 8(1), 126-134.
Siregar, S., Fadilah, R. & Kasmawati. (2023). Sosialisasi Praktikum Fisika Materi Suhu dan Kalor di Mas Hajijah Amalia Sari Padangsidimpuan. KALANDRA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 02(04) 161-167.
Said, F.F., Susanto, A. & Utami, N. P. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta DIdik (LKPD) Berbantuan Canva yang Efektif. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika. 11(1) 85-98.
Zharoh, D., Yuliani. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Literasi Sains Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan. Bioedu : Berkala Ilmiaj Pendidikan Biologi. 10 (3), 605-616.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v9i2.323–330
Article Metrics
Abstract view : 658 timesPDF - 161 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.