ANALISIS ANGKET RESPONS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MEDIA NEARPOD DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN BELAJAR DIGITAL

Yayuk Budiarti, Muhamad Arif Mahdiannur, Martini Martini

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berjalan dengan mengikuti kemajuan zaman. Memasuki era abad ke-21 ini, dunia pendidikan perlu menyesuaikan diri dengan transformasi digital guna mendukung pembangunan yang berkelanjutan salah satunya pada pembelajaran IPA. Hal ini menjadikan pentingnya belajar secara digital untuk menciptakan peningkatan pengetahuan dan keterampilan guna mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui respons peserta didik terkait pembelajaran inkuiri termbimbing yang mengintegrasikan media interaktif Nearpod. Desain yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu penelitian poor-experimental design dengan adanya pendekatan kuantitatif. Teknik dalam pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket secara online berupa link dan barcode yang ditujukan kepada 30 orang partisipan yang berasal dari peserta didik kelas VII di salah satu MTs Negeri di Surabaya. Data yang di dapatkan dari pengisian angket respons ini akan dianalisis dengan konversi kedalam persentase persetujuan. Pembelajaran dilakukan selama 3 kali, selanjutnya peserta didik diminta untuk mengisi angket secara tertutup. Berdasarkan hasil tersebut, mayoritas seluruh peserta didik sangat setuju dengan beberapa pernyataan yang telah disajikan. Meskipun terdapat persentase rendah pada beberapa butir pernyataan, namun dapat disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing dan media Nearpod telah memberikan dampak yang positif terhadap peserta didik.

Keywords


Belajar digital, inkuiri terbimbing, Nearpod

Full Text:

PDF

References


Brzezicki, M. (2020). Strengths and weaknesses of architectural education on-line classes conducted during COVID-19. World Transactions on Engineering and Technology Education, 18(4), 381-386.

Bunterm, T., Lee, K., Ng Lan Kong, J., Srikoon, S., Vangpoomyai, P., Rattanavongsa, J., & Rachahoon, G. (2014). Do different levels of inquiry lead to different learning outcomes? A comparison between guided and structured inquiry. International Journal of Science Education, 36(12), 1937–1959. https://doi.org/10.1080/09500693.2014.886347

Burton, R. (2019). A review of Nearpod–an interactive tool for student engagement. Journal of Applied Learning and Teaching, 2(2), 95-97. https://doi.org/10.37074/jalt.2019.2.2.13

Cahya, U. D. et al. (2023). Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital Abad 21. Penerbit Yayasan Kita Menulis vol. XII

Hakkarainen, K., & Seitamaa-Hakkarainen, P. (2022). Learning by inventing: theoretical foundations. Invention pedagogy, 15-27. Roundedge. https://doi.org/10.4324/97810 03287360-3

Ifani, R., Munzil, M., & Setiawan, A. M. (2021). Kajian literasi pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis game edukasi materi sistem tata surya kelas VII SMP. Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(4), 278-281. https://doi.org/10.17977/um067v1i4p278-281

Jediut, M., Sennen, E., & Ameli, C. V. (2021). Manfaat Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sd Selama Pandemi Covid-19 (The Advantages Of Using Digital Learning Media In Increasing Learning Motivation Of Elementary School Students During The Covid-19 Pandemic). Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 1–5.

Jalal, N. M., Gaffar, S. B., Syam, R., Syarif, K. A. & Idris, M. (2023). Pemberian Pelatihan Public Speaking Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Keterampilan Presentasi di Depan Umum. Jurnal Abdimas Indonesia. 3, 192–200.

Kemper, N. S., Campbell, D. S., Earleywine, M., & Newheiser, A. K. (2020). Likert, slider, or text? reassurances about response format effects. Addiction Research and Theory, 28(5), 406–414. https://doi.org/10.1080/16066359.2019.1676892

Lovisia, E. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar. Science and Physics Education Journal (SPEJ, 2(1), 1-10. https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333

Miller, E. C., & Krajcik, J. S. (2019). Promoting deep learning a through project based learning: design problem. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 1(7).

Mirzaev, A. B. U. (2022). Improving efl/esl classrooms through using online platforms: nearpod–as an example of top-rated online educational platforms. Central Asian Academic Journal of Scientific Research, 2(4), 264-270. https://doi.org/10.1186/s43031-019-0009-6

Naumoska, A., Rusevska, K., Blazhevska, A., & Stojanovska, M. (2022). Nearpod as a tool for increasing students’ motivation for learning chemistry. International Journal of Education and Learning, 4(1), 89-99. http://dx.doi.org/10.31763/ijele.v4i1.616

Pasady, S., Renaldi, H., & Syarif, F. (2023). Efektivitas penggunaan “tablet” dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti siswa kelas XII SMA Ar-Rahman Qur’anic learning Islamic school Purwakarta. Jurnal Pendidikan Islam,12(3), 2225–2238. https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.4835

Slavin, Robert. E. (2018). Educational psychology. In Psychological Bulletin (Vol. 17, Issue 11). Johns Hopkins University. https://doi.org/10.1037/h0071574

Sormunen, K., Juuti, K., & Lavonen, J. (2020). Maker-centered project-based learning in inclusive classes: Supporting students’ active participation with teacher-directed reflective discussions. International Journal of Science and Mathematics Education, 18, 691-712. https://doi.org/10.1007/s10763-019-09998-9

Wirabumi, R. (2020, October). Metode pembelajaran ceramah. In Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET) (Vol. 1, No. 1, pp. 105-113). https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/660

Yasa, I. K. D. C. A., Agung, A. A. G., & Simamora, A. H. (2021). Meningkatkan semangat belajar siswa melalui multimedia interaktif pada mata pelajaran IPA. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 104-112. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32523




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v9i2.212–220

Article Metrics

Abstract view : 452 times
PDF - 165 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.