PENERAPAN STRATEGI BELAJAR MIND MAPPING PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi siswa dalam belajarnya setelah diterapkannya strategi belajar mind map . Dalam penelitian ini, pendekatan penelitian menggunakan metode dekriptif kuantitatif dikombinasikan dengan rancangan penelitian one shot case study . Adapun lokasi dimana peneliti melakukan penelitian adalah di kelas VII B SMP Labschool Unesa 2. Penelitian dilakukan di kelas VII B SMP Labschool Unesa 2 selama dua pertemuan dengan pertemuan masing-masing 80 menit pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Terdapat 25 siswa kelas VII B di SMP Labschool Unesa 2 yang menjadi subjek penelitian ini. Peneliti mengambil sumber data berupa data tertulis dengan objek penelitian yakni tingkat motivasi belajar siswa. Data motivasi belajar siswa dikumpulkan melalui pemenuhan angka motivasi belajar. Skala Likert digunakan dalam penelitian ini untuk menghitung proporsi siswa yang termotivasi untuk belajar. Ketika hasil motivasi siswa rata-rata lebih dari 61%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi siswa dalam belajarnya sangat tinggi. Penelitian ini mendukung gagasan bahwa strategi belajar mind map mampu menumbuhkan motivasi siswa dalam belajarnya.
Full Text:
PDFReferences
Aprinawati, I. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 140–147. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.35
Azizah, J. F., & Sudibyo, E. (2018). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 6 Ngawi pada Materi Perpindahan Kalor. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 6(2), 67–72.
Brophy, J. (2004). Students to Second Edition Motivating Learn.
Buzan, T. (2006). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Campbell, N. A., & Reece, J. B. (2020). Biology, Twelfth Edition, USA : Pearson
Casmini, N. L. (2020). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XII MIPA 1 SMAN 2 Busungbiu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 193–201. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.28245
Eryanti, I. (2015). Pengaruh Strategi Belajar Peta Konsep Terhadap Ketuntasan Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 1(2), 59–70.
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, 181–188.
Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdani, R. H., & Islam, S. (2019). Inovasi Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam Pembelajaran. Palapa, 7(1), 30–49. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.180
Hasanuddin, M. I. (2020). Pengetahuan Awal (Prior Knowledge) : Konsep dan Implikasi dalam Pembelajaran. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(2), 217–232. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Hastina, N. (2016). Motivasi Belajar Siswa dengan Model Mind Mapping. Jurnal Pendidikan dan Kependidikan , Vol 1, No. 1.
Islam, S., Baharun, H., Muali, C., Ghufron, M. I., Bali, M. E. I., Wijaya, M., & Marzuki, I. (2018). To Boost Students’ Motivation and Achievement through Blended Learning. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1114/1/012046
Kasmadi, S. (2013). Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Ma'ruf, A. H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis HOTS terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 8, No 3.
Marwati, Andriani, D., & Kuspiyah, H. R. (2019). Hubungan Mind Map dan Motivasi Belajar dalam Pembentukan Karakter Siswa SMP di Kabupaten OKU Timur. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(1), 1–9. https://doi.org/10.30599/jti.v11i1.350
Maulana, P., & Nirwana, H. (2024). Teachers ’ Efforts to Provide Learning Motivation to Students. 2(1), 62–69.
Nabilah, V. R. & Sudibyo, E. (2021). Efektivitas Strategi Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 9(1, 9(1), 133-138.
Nurdyanto, H. E., Indana, S., & Agustini, R. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Dengan Pendekatan Spices Continuing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Smp. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2). https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p 58-65
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Orkha, M. F., Anggun, D. P., & Wigati, I. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Mind Mapping Pada Materi Sistem Peredaran Darah Sma. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 6(2), 77–85. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v6i2.7011
Oryza, S. B., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi dengan Prestasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 23–36. https://doi.org/10.26740/jpeka.v5n1.p23-36
Pawirosumarto, S., Setyadi, A., Ariana, S., & ... (2023). The Influence of State Defense Training and Motivation on The Performance of The Civil Apparatus in The Tni Spers. … International Journal of …, 4(5), 932–945. https://dinastipub.org/DIJMS/article/view/1841
Pulukadang, W. T., Uno, H. B., Panal, H., & Panjaitan, K. (2020). Integrated Learning Module Development on Department of PGSD Students, Gorontalo State University, Indonesia. International Journal of Advanced Engineering, Management and Science, 6(7), 347–355. https://doi.org/10.22161/ijaems.67.7
Rahmi, A. A., Hizriyani, R., & Sopiah, C. (2022). Analisis Teori Hierarki of Needs Abraham Maslow Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(3), 320–328. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i3.385
Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Safitri, A. d. (2019). Pengaruh Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 12 Tarakan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo.
Sari, N. &. (2021). Pengaruh Mind Mapping terhadap Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri Tujuh Payakumbuh. An-Nuha.
Setyowati, D., Qadar, R., & Efwinda, S. (2022). Analisis Motivasi Siswa Berdasarkan Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) dalam Pembelajaran Fisika berbasis E-Learning di SMA Se-Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(2), 116–129. https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i2.1044
Subadi, & Tjipto. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Sudibyo, E., Jatmiko, B., & Widodo, W. (2017). Pengembangan Instrumen Motivasi Belajar Fisika: Angket. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1), 13-21. https://doi.org/10.26740/jppipa.v1n1.p
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suryabrata, Sumadi. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suryadi, T. D. T. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Penerapan Model Discovery Learning Siswa Kelas IX.2 SMP Negeri 4 Mataram. Alsys, 1(1), 22–33. https://doi.org/10.58578/alsys.v1i1.7
Tortora, G. J., & Derrickson, B. (2009). Principles of Anatomy & Physiology. USA: John Wiley & Sons. Inc.
Trianto. (2019). Model Pembelajaran Terpadu (cetakan-9). Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, H. B. (2023). Teori motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.
Wijaya, L. A., & Sudibyo, E. (2021). Efektivitas Strategi Mind Mapping Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Dalam Pembelajaran Ipa Di Masa Pandemi Covid-19. Pensa: E-Jurnal Pendidikan …, 9(3), 309–315. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38802
Yasa, I., Pudjawan, K., & Gusti Ayu Tri Agustiana, I. (2020). Peningkatan Efikasi Diri Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 330–341.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v9i2.242–247
Article Metrics
Abstract view : 390 timesPDF - 104 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.