ANALISIS KETERAMPILAN PROBLEM SOLVING SISWA SMP LABSCHOOL UNESA 2 PADA MATERI TEKANAN ZAT CAIR
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan problem solving siswa melalui soal – soal pada materi tekanan zat cair. Metodologi deskriptif kuantitatif adalah pendekatan penelitian yang digunakan. metode deskriptif kuantitatif. Partisipan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-A SMP Labschool Unesa 2. Sebanyak sepuluh soal pilihan ganda pada lembar tes yang mengukur kemampuan problem solving pada materi tekanan zat cair digunakan sebagai instrumen. Siswa diberikan lembar tes sebagai salah satu pendekatan pengumpulan data. Proses analisis data dilakukan dengan menghitung proporsi indikator keterampilan problem solving yang kemudian dikategorikan. Hasil dari penelitian ini adalah keterampilan problem solving siswa pada empat indikator menurut Polya (1973) tergolong pada kategori kurang dengan persentase indikator memahami masalah 33%, develop a plan 53%, carry out the solution 28%, dan memeriksa kembali hasil 53%. Upaya untuk meningkatkan keterampilan problem solving siswa dapat dilakukan dengan meperhatikan faktor internal dan eksternal. Faktor internal terkait dengan keterampilan kognisi siswa, sedangkan faktor eksternal terkait strategi pembelajaran. Salah satu solusi yang dapat dilakukan seorang guru yakni dengan pemilihan model pembelajaran yang tepat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Artinta, S. V., & Fauziah, H. N. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Rasa Ingin Tahu dan Keterampilan Memecahkan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 210–218. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.153
Azzahra, U., Arsih, F., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning ( Pjbl ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Biologi : Literature Review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 49–60. https://doi.org/10.52562/biochephy.v3i1.550
Budianti, D. A., Roshayanti, F., Hayat, M. S., & Syafiq, M. A. (2022). Profil Keterampilan Memecahkan Masalah Siswa MA Darul Muqorrobin pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(1), 38–45. https://doi.org/10.51651/jkp.v3i1.153
Capriconia, J., & Mufit, F. (2022). Analysis of Concept Understanding and Students’ Attitudes towards Learning Physics in Material of Straight Motion. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(3), 1453–1461. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i3.1381
Franestian, I. D., Suyanta, & Wiyono, A. (2020). Analysis problem solving skills of student in Junior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1440(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012089
Ghaleb, B. D. S. (2024). Effect of Exam-Focused and Teacher-Centered Education Systems on Students’ Cognitive and Psychological Competencies. International Journal of Multidisciplinary Approach Research and Science, 2(2), 611–631. https://doi.org/10.59653/ijmars.v2i02.648
Hawa, S. (2023). Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Karakter Siswa (Ikhtiar Optimalisasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)). JURNAL AZKIA : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 19(2), 83–91. https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v19i2.430
Hidayatulloh, R., Suyono, S., & Azizah, U. (2020). Analisis Keterampilan Problem solving Siswa Sma Pada Topik Laju Reaksi. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(1), 1899. https://doi.org/10.26740/jpps.v10n1.p1899-1909
Inganah, S., Darmayanti, R., & Rizki, N. (2023). Problems, Solutions, and Expectations: 6C Integration of 21 st Century Education into Learning Mathematics. JEMS (Journal of Mathematics and Science Education), 11(1), 220–238. https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14646
Jumriati, J., Ali, S., & Khaeruddin, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Motivasi Belajar Fisika Terhadap Keterampilan Problem solving Siswa Di Sma Negeri 3 Takalar. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 5(2), 141. https://doi.org/10.31604/eksakta.v5i2.141-152
Kamid, K., Hasiibunnisa, H., & Sari, A. K. (2023). Analisis Keterampilan Proses dalam Problem solving Matematika Berbasis Etnomatematika pada Siswa Diskalkulia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2463–2477. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5744
Maknun, J. (2020). Implementation of Guided Inquiry Learning Model to Improve Understanding Physics Concepts and Critical Thinking Skill of Vocational High School Students. International Education Studies, 13(6), 117. https://doi.org/10.5539/ies.v13n6p117
Nasution, M. A., & Makmur, et al. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share Terhadap Keterampilan Problem solving Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar Kelas Vii Mts Ypks Padangsidimpuan. Eksakta: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Mipa, 6(2), 235-241. https://doi.org/10.31604/eksakta.v6i2.235-241
Nurilyasari, D. F., Zainuddin, A., & Hariyanto, P. A. (2018). Analisis keterampilan problem solving pada mahasiswa pendidikan fisika Universitas Negeri Surabaya materi dinamika gerak partikel. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 3(1), 15–21.
Nurizlan, A., Komala, E., & Monariska, E. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Langkah Polya. Prisma, 11(2), 639–649. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2530
Nurjannah, E., Ayub, S., Doyan, A., & Sahidu, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Berbantu Media PhET untuk Meningkatkan Keterampilan Problem solving dan Keterampilan Generik Sains Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 2(1), 21–25. https://doi.org/10.29303/goescienceedu.v2i1.127
Santoso, N. R. B., & Widodo, W. (2023). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan PhET Simulations untuk Meningkatkan Keterampilan Problem solving Pada Materi Tekanan Zat Cair. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 11(2), 188–193.
Sari, Y. I., Sumarmi, Utomo, D. H., & Astina, I. K. (2021). The Effect of Problem Based Learning on Problem Solving and Scientific Writing Skills. International Journal of Instruction, 14(2), 11–26. https://doi.org/10.29333/iji.2021.1422a
Surur, M., Hasanah, M., Sholeha, F., Laillaturrahma, S., & Saputra, F. D. (2022). Analisis Keterampilan Problem solving Siswa Kelas XI dengan Model Pembelajaran Kontekstual di MA Sarji Ar-Rasyid Situbondo. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 308–319. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2907
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v9i2.206–211
Article Metrics
Abstract view : 521 timesPDF - 185 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.