ANALISIS BISNIS KONTEN KREATOR SEBAGAI ALTERNATIVE KARIR DI ERA DIGITAL PADA GEN Z DI PLATFORM TIKTOK
Abstract
Kemajuan ekosistem digital membawa perubahan signifikan di berbagai aspek kehidupan, termasuk peluang karier sebagai konten kreator di platform TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fenomena bisnis konten kreator sebagai alternatif karier bagi Generasi Z di era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan sumber data dari hasil observasi digital dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesi konten kreator semakin diminati oleh Generasi Z karena menawarkan fleksibilitas kerja, kebebasan berekspresi, serta peluang ekonomi yang menjanjikan. Generasi Z juga mengutamakan keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan (work-life balance) serta memanfaatkan teknologi digital untuk bekerja secara independen. Industri ini terus berkembang seiring dengan meningkatnya investasi dan berbagai model monetisasi, seperti sponsor, live shopping, dan program TikTok Creator Fund. Untuk memaksimalkan potensi, kreator perlu berfokus pada kualitas konten, engagement organik, serta kolaborasi strategis dengan merek. Oleh karena itu, Gen Z yang ingin menekuni profesi ini disarankan untuk memahami tren terkini, membangun personal branding yang kuat, dan mengoptimalkan penggunaan platform digital guna menciptakan konten yang autentik dan berdampak. Dengan demikian, profesi ini tidak hanya menjadi sumber penghasilan, tetapi juga wadah untuk berekspresi dan beradaptasi dengan perkembangan zaman.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustriyana, D., Taruna, I., & Faritzal, A. (2024). Analisa Konsep Kepemimpinan Dari Persepsi Gen-Z Dalam Menentukan Role Model Kepemimpinan Di Masa Mendatang. Jurnal Darma Agung, 32(1), 171–180. Https://Dx.Doi.Org.10.46930/Ojsuda.V32i1.4167
Bu’ulolo, W., & Hulu, M. K. (2025). Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan. Identik: Jurnal Ilmu Ekonomi, Pendidikan Dan Teknik, 02(01), 51–59.
Budiarti, N. W., & Dewi, K. (2023). Personal Branding Di Media Digital Pada Akun Tik Tok @Dailyjour. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(3), 537–544. Https://Doi.Org/10.54082/Jupin.207
Febiana, C., Goenadhi, L., Suharto, I., & Wijayanti, A. P. (2023). Pembentukan Karakter Wirausaha Pada Gen Z Menghadapi Society 5.0. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 319–324.
Garuda Website. (2025). Data Pengguna Tiktok Di Indonesia 2024 Update Terbaru. Https://Www.Garuda.Website/Blog/Data-Pengguna-Tiktok-Di-Indonesia-2024/#:~:Text=Indonesia Merupakan Salah Satu Negara,Memiliki 120%2c5 Juta Pengguna.
Gustantio, E. R., Setiawan, A., & Djajadikerta, H. (2024). Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif, Financial Literacy, Dan Persepsi Kemudahan Bertransaksi Terhadap Penggunaan E-Wallet Pada Generasi Z. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 11261–11273. Https://Doi.Org/10.31004/Innovative.V4i3.11417
Iskandar, D. F. L. (2023). Replikasi Budaya Visual Dan Tiktok. Universitas Islam Indonesia.
Laka, L., Darmansyah, R., Judijanto, L., Foera-Era Lase, J., Haluti, F., Kuswanti, F., & Kalip. (2024). Pendidikan Karakter Gen Z Di Era Digital. Https://Books.Google.Co.Id/Books/About/Pendidikan_Karakter_Gen_Z_Di_Era_Digital.Html?Id=Seh8eaaaqbaj&Redir_Esc=Y
Lubis, A. S., & Hanayani, R. (2022). Studi Teoretis Minat Generasi Z Dalam Berwirausaha.
Musnaini, Junita, A., Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Digital Business. In Digital Business. Penerbit Cv. Pena Persada. Https://Doi.Org/10.1007/978-3-658-41467-2_1
Nadya Fitrah, B., Riandhita, A., Audra, N., & Tally, S. (2022). Preferensi Gen Z Terhadap Kemajuan Teknologi Pada Aplikasi Tiktok Dan Youtube. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (Sniis) 2022, 1, 503–508.
Pahleviannur, M. R., Grave, A. De, Sinthania, D., Hafrida, L., Bano, V. O., Saputra, D. N., Alam, M. D., Amruddin, Syahirul, Mahardhani, A. J., Lisya, M., Ahyar, D. B., & Susanto, E. E. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Pradina Pustaka (1 Ed.). Cv. Pradina Pustaka Grup.
Pratama, A. S., Sari, S. M., Hj, M. F., Badwi, M., & Anshori, M. I. (2023). Pengaruh Artificial Intelligence, Big Data Dan Otomatisasi Terhadap Kinerja Sdm Di Era Digital. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 2(4), 108–123.
Rahmasari, S. (2023). Strategi Adaptasi Bisnis Di Era Digital: Menavigasi Perubahandan Meningkatkan Keberhasilan Organisasi. Karimah Tauhid, 2(3), 622–636.
Ramdhan, H., & Aripin, S. (2024). Strategi Digital Untuk Bisnis: Pendekatan Praktis Dan Implementasi Di Industri 4.0. Adi Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 5(1), 34–40. Https://Doi.Org/10.34306/Abdi.V5i1.1096
Rosika, H., & Ramadhan, W. (2022). Bulletin Of Information Technology (Bit) Perancangan Sistem Informasi Obat Generik “Sioge” Di Desa Pampang. 3(4), 317–322.
Space, E. (2024). Survei Meta Ungkap Minat & Perilaku Khas Gen Z Di Media Sosial. Eraspace.Com. Https://Eraspace.Com/Artikel/Post/Survei-Meta-Ungkap-Minat-Perilaku-Khas-Gen-Z-Di-Media-Sosial
We Are Social. (2024). Digital 2024: 5 Miliar Pengguna Media Sosial. Wearesocial.Com. Https://Wearesocial.Com/Us/Blog/2024/01/Digital-2024-5-Billion-Social-Media-Users/
We Are Social. (2025). Next Gen Influence: Trends Defining A New Era Of Brand And Creator Collaboration.
Wibowo, I. K. M., & Widodo, E. (2024). Strategi Pemasaran Media Sosial Untuk Meningkatkan Kesadaran Merk Pada Salon Kayla Beauty Lash. Jurnal Transaksi, 16(2), 58–68.
Zaman, S. N. (2024). Survey Deloitte: Kekhawatiran Gen Z Dalam Hidup. Akademik: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(1), 54–62.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v12i6.2025.2441-2451