MEMBANGUN KOLABORASI SENI BUDAYA ANTARBANGSA MELALUI PELATIHAN TARI TRADISIONAL
Trisakti Trisakti, Warih Handayaningrum, Raden Roro Maha Kalyana Mitta Anggoro, Joko Winarko, Pratiwi Retnaningdyah, Danang Wijoyanto, Anik Juwariyah, Djuli Djati Prambudi, Setyo Yanuartuti, Retnayu Prasetyanti Sekti
Abstract
Indonesia dan Malaysia merupakan dua negara serumpun yang memiliki banyak kesamaan dalam bidang seni dan budaya. Kesamaan seni dan budaya kedua negara karena memiliki warisan seni dan budaya Melayu yang kaya dan banyak unsur tradisi, adat istiadat, dan seni. Penguatan kerjasama antar perguruan tinggi dalam membantu menyediakan pengalaman belajar yang lebih beragam dan membuka wawasan dosen dan mahasiswa dalam bidang seni tari merupakan program yang menarik untuk mempererat rumpun budaya Indonesia dan Malaysia. Kegiatan pelatihan tari tradisional yang dilanjutkan dengan pergelaran tari hasil pelatihan. diikuti oleh dosen dan mahasiswa seni tari UPSI Malaysia. Hasil pelatihan menunjukkan ketrampilan peserta pelatihan yang dilihat dari wiraga tercapai 91,4%, wirama tercapat 84%, dan wirasa tercapai 83,53%. Pada kreteria wiraga baik karena peserta dapat melakukan gerak tari sesuai pakem meskipun ada kekakuan atau kesalahan kecil yang tidak mengganggu keseluruhan penampilan. Kreteria wirama baik karena peserta mampu mengikuti irama musik dengan baik, meskipun ada sedikit keterlambatan atau ketidaktepatan yang tidak mencolok. Kreteria wirasa baik karena ekspresi dan penghayatan baik, meskipun ada beberapa bagian yang kurang maksimal dalam penyampaian emosi atau makna tari.
Keywords
Kerjasama Internasional; Seni Tari Tradisional; Pusat Unggulan
References
Astuti, K. S. (2009). Model of Teaching and Learning Arts and Cultures Based on Multicultural Context. In International seminar multiculture: Yogyakarta: Languages and Arts Faculty– Yogyakarta State University.
Soedarsono. 1978. Tari-tarian Indonesia I, Jakarta: Balai Pustaka
Maryani, D. 2007. Wiraga, Wirama, Wirasa dalam Tari Tradisi Gaya Surakarta. Jurnal Seni
Budaya. 5(1), 28-41 Prihanita Kusuma Wardani, Ojang Cahyadi, Elindra Yetti. 2023. Meningkatkan Kemampuan Apresiasi Tari Tradisional Melalui Model Pembelajaran Case Based Learning. Jurnal Pendidikan Tari Vol 3 No 2 (2023) ISSN: 2807-887X pg.37
DOI:
http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i3.1250-1259
Refbacks
- There are currently no refbacks.