PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WORDWALL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS X DI SMK TEKNOLOGI PLUS PADANG

Risa Oktalivia, Adlia Alfiriani, Irsyadunas Irsyadunas

Abstract


Pada penelitian ini dilatar belakangi terdapat rendahnya minat belajar siswa dikarenakan media yang digunakan oleh guru belum optimal pada mata pelajaran kelas X Informatika. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media Wordwall terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran kelas X Informatika di SMK Teknologi Plus Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan model quasi eksperiment. Data yang diperoleh melaui angket minat belajar siswa. analisis pengolahan data menggunakan uji  regresi linear sederhana dan uji T-Test Independentt. Hasil penelitian berdasarkan perhitungan persentase menunjukkan minat belajar kelas eksperiment mendapat 66,04 % sedangkan kelas kontrol mendapat 47,03 %.. Pada uji hipotesis yang dilakukan meneggunakan T-Test Independent diperoleh nilai signifikansi (sig 2.tailed ) 0,000 < 0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis wordwall berpengaruh terhadap minat belajar  Informatika kelas X di SMK Teknologi Plus Padang.

 


Keywords


Keywords: Influence, Learning Media, Wordwall

Full Text:

PDF

References


Amalia, R. N., Dianingati, R. S., & Annisaa’, E. (2022). Pengaruh Jumlah Responden terhadap Hasil Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan dan Perilaku Swamedikasi. Generics: Journal of Research in Pharmacy, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.14710/genres.v2i1.12271

Andini, A., Yunita, L., & Irwandi, D. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Periodik Unsur. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 10(1), 11–28. https://doi.org/10.36706/jppk.v10i1.20211

Clinton, R. G. A., Bernhard, T., & Lucky, D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Pengawasan, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 1978–1987.

Erlynda Runtut Bela Vista, Fida Chasanatun, K. (2020). Issn 2548-9119 meningkatkan minat belajar siswa kelas iv melalui media game online wordwall pada mata pelajaran ppkn. 271–279.

Fariza, A. A., Nurfadillah, A., & Syakur, A. (2023). Halaman Jurnal : http://journal.stiestekom.ac.id/index.php/Education Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Wordwall Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV UPTD SDN 145 Inpres Pampangan. 3(3).

Fauzy, A. (2019). Metode Sampling. In Universitas Terbuka (Vol. 9, Issue 1). http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP/article/download/83/65%0Ahttp://www.embase.com/search/results?subaction=viewrecord&from=export&id=L603546864%5Cnhttp://dx.doi.org/10.1155/2015/420723%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76

Fitri Yanti, N., & Sumianto. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Minat Belajar Dimasa Pandemi Covid-19 pada Siswa SDN 008 Salo. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 608–614.

Harsanti, D. W., & Lathifah, R. M. (2023). Pengaruh Penerapan Media Wordwall Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran. Seminar Nasional PBI FKIP UNS 2023, 125–132.

I Putu Darmayasa, Edi Agus Saputra, I. K., & I Ketut Semarayasa. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Sepak Bola pada Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 4 Sukasada. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 10(1), 21–28. https://doi.org/10.23887/jjp.v10i1.47367

Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.

Komalasari, E. (2019). Peran Guru Dalam Medai Dan Sumber Belajar Di Era Dispursi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIp, 2(1), 439–448.

Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya penggunaan media siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March, 1–16. https://www.researchgate.net/profile/Putu-Ekayani/publication/315105651_Pentingnya Penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa /links/58ca607eaca272a5508880a2/Pentingnya-Penggunaan-Media-Pembelajaran-Untuk-Meningkatkan-Prestasi

Magdalena, R., & Angela Krisanti, M. (2019). Analisis Penyebab dan Solusi Rekonsiliasi Finished Goods Menggunakan Hipotesis Statistik dengan Metode Pengujian Independent Sample T-Test di PT.Merck, Tbk. Jurnal Tekno, 16(2), 35–48. https://doi.org/10.33557/jtekno.v16i1.623

Maghfiroh, K., Roudlotul, M. I., & Semarang, H. (2018). Penggunaan Media Word Wall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. Jpk, 4(1), 64–70. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Mahpudin. (2021). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 7(1), 168–175. https://doi.org/10.5281/zenodo.5564696




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v8i1.216-221

Article Metrics

Abstract view : 18 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.