MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG HAKIKAT GURU, PESERTA DIDIK, DAN INTERAKSI EDUKATIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 5 KISARAN

Masdelima Azizah Sormin, Fatma Suryani Harahap, Tobroni Tobroni, Joko Widodo

Abstract


Penelitian bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang hakikat guru, peserta didik, dan interaksi edukatif dalam proses pembelajaran di kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kisaran. Permasalahan yang diambil berupa kurangnya pemahaman guru mengenai peranannya sebagai pendidik yang mengutamakan interaksi edukatif yang positif, serta partisipasi peserta didik yang cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus, dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa sebanyak 30 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes hasil belajar untuk menilai perubahan dalam interaksi edukatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa melalui peningkatan pemahaman guru terhadap hakikat dirinya sebagai fasilitator dan motivator, serta penerapan strategi pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara aktif, interaksi edukatif yang lebih produktif dan positif dapat tercipta. Begitu juga dengan peserta didik menunjukkan peningkatan yaitu partisipasi aktif dan motivasi belajar yang lebih tinggi. Oelh karena itu, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemahaman yang lebih baik mengenai hakikat guru dan peserta didik, serta pengelolaan interaksi edukatif yang efektif, dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

Keywords


Pemahaman, Hakikat Guru, Peserta Didik, Interaksi Edukatif, Pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


P. B. Simbolon, “Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter,” Krinok J. Pendidik. Sej. Dan Sej., Vol. 2, No. 1, Pp. 95–101, 2023, Doi: 10.22437/Krinok.V2i1.24256.

M. Ramli, “Hakikat Pendidikan Dan Peserta Didik,” Tarb. Islam., Vol. 5, No. 1, Pp. 61–85, 2015.

R. R. Aliyyah, Y. Rahayu, And M. R. Ramdhani, “Pengaruh Interaksi Edukatif Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar,” Didakt. Tauhidi J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, Vol. 9, No. 2, Pp. 185–198, 2022, Doi: 10.30997/Dt.V9i2.6844.

M. Mukhlis, “Hakikat Guru (Pendidik) Dalam Pandang Islam,” Educ. Achiev. J. Sci. Res., 2020, Doi: 10.51178/Jsr.V1i1.48.

R. Prihatni, A. Sumiati, And T. Sariwulan, “Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru-Guru Yayasan,” J. Pemberdaya. Masy. Madani, Vol. 3, No. 1, Pp. 112–123, 2019, Doi: 10.21009/Jpmm.003.1.08.

K. Kurniawati, “Peningkatan Kedisiplinan Melalui Metode Reward And Punishment Pada Siswa Kelas 2 Sdn Keputran,” Foundasia, Vol. 12, No. 1, 2021, Doi: 10.21831/Foundasia.V12i1.38913.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v7i4.802-806

Article Metrics

Abstract view : 32 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.