PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU WORDWALL TERHADAP NUMERASI SISWA KELAS IV SDN PLAMONGANSARI 02

Reny Septy Rahayu, Duwi Nuvitalia, Darsino Darsino, Ikha Listyarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantukan Wordwall terhadap peningkatan kemampuan numerasi siswa kelas IV di SDN Plamongansari 02. Metode yang digunakan adalah desain penelitian one-group pretest-posttest design dengan melibatkan 24 siswa sebagai sampel yang dipilih secara jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes pretest dan posttest kepada siswa. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif untuk menggambarkan karakteristik sampel dan analisis regresi sederhana untuk mengevaluasi pengaruh model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan numerasi siswa setelah menerapkan model PBL berbantukan Wordwall, dengan nilai Koefisien Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Y=35,292+0,646X dan didukung dengan uji F dengan nilai F-hitung sebesar 27,873 > F-tabel 4,41 artinya Ho ditolak dan H1 Diterima dengan kata lain Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Wordwall berpengaruh positif dan signifikan terhadap Numerasi Siswa Kelas IV SDN Plamongansari 02

Full Text:

PDF

References


Aisah, S., Panglipur, I. R., & Sujiwo, D. A. C. (2023). Analisis Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Pemecahan Masalah Berbantuan Komik Literasi Numerasi Dan Etnomatematika. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 6(1), 211–220.

Akbar, H. F., & Hadi, M. S. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran wordwall terhadap minat dan hasil belajar siswa. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1653–1660.

Alfiah, A., & Zulfitria, Z. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP NILAI NUMERASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 4 DEPOK. Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(7), 46–53.

Apipah, I., & Novaliyosi, N. (2023). Systematic Literature Review: Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap High-Order Thingking Skill (HOTS) Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1812–1826.

Astutik, S. (2022). Peningkatan kemampuan numerasi melalui problem based learning (PBL) pada siswa kelas VI SDN Oro-Oro Ombo 02 Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(3), 561–582.

Fatmawati, I. (2021). Peran guru dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran. Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 1(1), 20–37.

Hadi, W., Sari, Y., & Pasha, N. M. (2024). Analisis Penggunaan Media Interaktif Wordwall terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(2), 466–473.

Jannah, R., & Nurmawanti, I. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Experiential Learning Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas IV. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 119–127.

Junaidi, J., & Pratikno, A. S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Numerasi Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(3), 2033–2042.

Jusmirad, M., Angraeini, D., Faturrahman, M., Syukur, M., & Arifin, I. (2023). Implementasi Literasi dan Numerasi pada Program MBKM dan Dampaknya Terhadap Siswa SMP Datuk Ribandang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(03), 303–310.

Masliah, L., Nirmala, S. D., & Sugilar, S. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 1–10.

Nopiani, S., Purnamasari, I., Nuvitalia, D., & Rahmawati, A. (2023). Kompetensi 4C Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5202–5210.

Nurcahyono, N. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Melalui Model Pembelajaran. Hexagon: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 19–29.

Pandu, R., Purnamasari, I., & Nuvitalia, D. (2023). Pengaruh pertanyaan pemantik terhadap kemampuan bernalar kritis dan hasil belajar peserta didik. Pena Edukasia, 1(2), 127–134.

Simamora, Y., Simamora, M. I., & Andriani, K. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Matematik Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 8(2).

Vektor, K., & AGUSTIN, I. N. E. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik. Skripsi Pendidikan: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Yunarti, T., & Amanda, A. (2022). Pentingnya kemampuan numerasi bagi siswa. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 2(1), 44–48.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v7i4.480-488

Article Metrics

Abstract view : 283 times
PDF - 84 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.