PENGARUH TATA KELOLA KEUANGAN DAN SARANA PRASARANA SEKOLAH ISLAM TERPADU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tata kelola keuangan dan sarana prasarana sekolah islam terpadu dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan ialah Library Research/Penelitian studi pustaka. Sumber data pada penelitian ini berasal dari jurnal, e-book, buku, dan sumber pendukung lainnya. Instrumen penelitian pada jurnal ini adalah peneliti sendiri (Human Instrument). Hasil penelitian yang di peroleh adalah tata kelola keuangan dan sarana prasarana sekolah islam terpadu berpengaruh yang sangat signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.
Kata Kunci : Tata kelola keuangan, Sarana, Prasarana, Sekolah Islam Terpadu, Kualitas Pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Abdul Ghofur Anshori, 2012, Hukum Kewarisan Di Indonesia Eksistensi dan Adaptabilitas, Yogyakarta, Gajah Mada University Press.
Antika, D. W. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana untuk Meningkatkan Efektivitas pembelajaran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan Bantul Yogyakarta. Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Satu nusa.
Elkarimah. (2019). Manajemen Pendidikan di Rumah Qur’an SDIT Bina Insani Muslim Jatimulya Bekasi. Jurnal SAP. 3(3).
Erlinawati, Tri. (2018). Manajemen Keuangan Sekolah dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di SMAN 1 Papar Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Intelektual Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman. 8(3).
Fauji. (2019). Desain Kurikulum Sekolah Islam Terpadu. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam E-ISSN: 2549-5720 P-ISSN: 2549-3663. Vol. 03 No. 02 (2019) : 49-60
Firmansyah, dkk. (2018). Efektivitas Pemanfaatan Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Layanan. JMSP: Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan. 2 (3). ISSN Online : 2541-4429 .
Haryati, & Rochman. (2012). Peningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Praktik Belajar Kewarganegaraan (Project Citizen). Jurnal Ilmiah CIVIS, Volume II, No. 2, Juli 2012
Karim (2019). Pengaruh Pemanfaatan Saran dan Prasarana Terhadap Efektivitas pembelajaran pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Tarik Sidoarjo. Universitas Isalam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Komariah. (2018). Konsep Manajemen Keuangan Pendidikan. Jurnal Al-afkar. 6(1). 68-94.
Kurniawan. (2017). Pengaruh Standar Sarana dan Prasarana Terhadap Efektivitas Pembelajaran di TK Al-Firdaus. 2(2). Jurnal Warna : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia dini.
Mattin & Nurhattati Fuad, Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya ( Jakarta: PT Rajagrafindo, 2016)
Megasari, Rika. (2014). Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMPN 5 Bukit Tinggi. Jurnal Administrai Pendidikan. 2(1). Hal 637- 831.
Nur El-islam. (2017). Sarana dan Prasarana yang Baik Menjadi Bagian Ujung Tombak Keberhasilan Lembaga islam. 4 (2). Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Yasni Muara Bungo.
Prasarana Pendidikan di SDIT Insani Islamia Bekasi. Cakrawala : p-ISSN 1411-8629, e-ISSN:2579-3314. 18(1), 25-30.
Pratiwi. (2016). Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah. Jurnal Edutach Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. 2(1). ISSN: 2442-6024, e-ISSN: 2442-7063.
Prima. (2019). Pengaruh Transparansi Pengelolaan Keuangan Sekolah Terhadap Keunggulan Sekolah. Socio Humanus. 1(1). 28-37. Tersedia di : http://ejournal.pamaaksara.org/index.php/sohum
Ridha. (2020). Manajemen Prasarana untuk Anak Disabilitas di Pendidikan Inklusif. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin
Sari, Milya. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6 (1), 2020, (41-53) ISSN: 2715-470X(Online), 2477 – 6181(Cetak)
Suyatno, S. (2013). Sekolah Islam Terpadu; Filsafat, ideologi, dan Tren Baru Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 355. https://doi.org/10.14421/jpi.2013.22.355-377
Suyatno, S. (2015). Sekolah Islam Terpadu Dalam Peta Sistem Pendidikan Nasional. ALQALAM. https://doi.org/10.32678/alqalam.v32i2.553
Suyati. (2020). Tata Kelola Keuangan Sekolah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 10(1). Tersedia di : http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh
Tajab, M. (2014). Sintesa atas Dikotomi Pendidikan Islam. At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah, 3(2), 21–36.
Tersedia Online di http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/
Tunafiah, Halimah. (2014). Peninkatan Kualitas Pembelajaran Teknologi Komputer Terhadap Kondisi Sarana dan Prasarana dan Proses Pembelajaran Sekolah Menengah Kejuruan Islam kader Bangsa Bekasi-Utara. 3(2). FT-Universitas Persada Indonesia Y.A.I : Fakultas Teknik Sipil.
Widiansyah, A. (2018). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Sarana dan prasarana.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i2.281-296
Article Metrics
Abstract view : 1743 timesPDF - 560 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.