PENERAPAN PROGRAM MULTILINGUAL SCHOOL DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 KARAWANG

Sindi Maudina, Ilham Fahmi

Abstract


Multilingualisme ialah penggunaan lebih dari dua bahasa dalam proses komunikasi oleh satu penutur ke penutur lainnya. Pada dasarnya multilingualisme merupakan hal yang lumrah dalam masyarakat yang heterogen, seperti halnya di Indonesia, terutama dalam dunia Pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses penerapan di program multilingual school di Madrasah Tsanawiyah 5 Karawang. Dalam hal ini Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Karawang telah menerapkan program multilingual dengan sangat baik. Beberapa hal yang menjadi poin penting yang harus diterapkan ialah pembiasaan pada setiap peserta didik mau pun pendidik baik saat kegiatan belajar mengajar berlansung atau pun diluar kegiatan belajar mengajar. Upaya tersebut dilakukan agar peserta didik tidak hanya menerima hal tersebut sebagai sebuah pengajaran akan tetepi mereka akan terbiasa dan memakainya pada kehidupan sehari-hari. Kondisi  bermultilingualisme yang terjadi pada dunia pendidikan memiliki dampak positif, juga dampak negatif. Dampak positif yang ditimbukan dari program multilingual school dalam dunia pendidikan salah satunya adalah terciptanya keanekeragaman berbahasa. Namun untuk beberapa dari dampak negatifnya para stakeholder terus berupaya agar tidak terjadinya ketidak setaraan dalam berbahasa terutama pada bahasa indonesia dengan bahasa asing.


Keywords


Kata Kunci: Multilingual school dan Intelektual

Full Text:

PDF

References


Lwin, May, et al. 2013. Cara Mengembangkan Berbagai Kecerdasan. Indeks. Jakarta.

Pranowo. 2015. Teori Belajar Bahasa: Untuk Pendidik Bahasa dan Mahasiswa Jurusan Bahasa. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Tim Penelitian Program DPP BMK. 2010.Sekolah Bertaraf Internasional. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan. Yogyakarta.

Yaumi, Muhammad. 2015. “Desain Strategi Pembelajaran Untuk Mengembangkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Peserta Didik”. Jurnal Auladuna. Volume 2 Nomor 1.

Ketut, Ida. 2015. “ Dilema Multilingualisme Dan Implikasinya Terhadap Perencanaan Bahasa”. Jurnal Ilmu Bahasa. Volume 1 Nomor 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i2.159-164

Article Metrics

Abstract view : 1088 times
PDF - 1232 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.