PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS VIDEO INTERAKTIF DENGAN METODE PjBL PADA MATERI PENGOLAHAN MAKANAN FUNGSIONAL

Wahyu Praptanti, Ibut Priono Leksono, Ujang Rohman

Abstract


Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk pengembangan berupa video interaktif dengan model pembelajaran berbasis Proyek (PjBL) digunakan untuk mendukung pembelajaran prakarya dan kewirausahaan dengan materi pengolahan makanan fungsional bagi peserta didik di tingkat SMA; Serta mendeskripsikan keefektifan video interaktif prakarya dan kewirausahaan pada materi pengolahan makanan fungsional. Meningkatkan kemampuan memahami peserta didik dalam berwirausaha atau menghasilkan produk olahan makanan fungsional. Penelitian dilakukan dengan prosedur penelitian pengembangan yang mengadopsi model pengembangan Dick & Carey, teknik pengumpulan data menggunakan instrumen uji validasi berbentuk angket dan wawancara kepada Ahli bidang isi, Ahli bidang desain, Ahli bidang Media, Teman Sejawat, kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil pengembangan produk menunjukkan bahwa video interaktif dengan metode PjBL mendapat respon yang baik dari para ahli dan pengguna baik pendidik maupun peserta didik yang memenuhi kualifikasi kriteria layak sebagai bahan ajar.

Full Text:

PDF

References


Anderson, R.H. 1999. Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran Terjemahan oleh Yusuf Hadi Miarso, Slamet Sudarman, Yunarsih, Kusdarmanto, Dewi Salma dan Anung Haryono, 2000, Jakarta. CV Rajawali.

Anggraini, Anita. 2015. Pengembangan modulprakarya dan kewirausahaan materi pengolahan berbasis product oriented bagi peserta didik di SMK. Jurnal pendidikan Vokasi, (Online), Vol 5(3), 2015, (http://id.portalgaruda.org/), diakses 28 September 2017.

Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta, PT Bumi Aksara. Degeng, NS. 1989. Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.

Arsyad, 2008. Media Penggajaran Bandung: Sinar Baru Algwsindo

Degeng, S. 2008. Desain Pembelajaran. Surabaya: TEP Program Pascasarjana Universitas PGRI Adi Buana.

Depdiknas. 2004. Kurikulum Tahun 2004, Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2004. Panduan Memilih dan Menyusun Bahan Ajar Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dick, W. & Carey, L. 2009. The Systematic Design of Intruction. Seventh Edition. New Jersey Columbus, Ohio: Pearson.

Direktorat Dikmenum. 2004. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas

Ferdinan, Andre. 2001. Teknik Membuat Buku Ajar Peserta didik. Dalam Workshop Kreatifitas Guru Era Globalisasi. Probolinggo

Hamalik, 1999. Media Pendidikan, Bandung; Citra Aditya Bakti.

Hidayati, L., & Elmunsyah, H. (2021). Students’ Learning Motivation in Oriental Food Processing Course during Online Learning Using Digital Smart Book Learning Media. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal …, 44(1), 34–39. http://journal2.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan/article/view/21316

Indriyani, V. & Ramadhan, S. (2017). Pengembangan modul pembelajaran menulis teks fabel dengan pembelajaran berbasis proyek (pjbl) yang mengandung karakter. Kemajuan dalam Ilmu Sosial, Penelitian Pendidikan dan Humaniora, Jil. 104, hlm. 16—21

Iskandar, W. 2000. Teknologi Pembelajaran. Surabaya: Unipa.

Kemdiknas UM. 2000. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Malang: Universitas Negeri Malang. Latuheru, J. 1999. Strategi Pembelajaran Dalam Sebuah Media Kreatif, Bandung. CV. Rajasa Putra.

Kemendikbud. (2014). Buku Guru; Prakarya dan Kewirausahaan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khasali, Rhenald. (2010). Wirausaha Mandiri, Menggiat Jiwa Entrepreneur dari Kampus. Diakses pada 19 November 2010 http://spiritbisnis. com/news/2010/06/wirausaha-mandiri- menggiat-jiwa-entrepreneur-dari- kampus/

Kaomi, J. Designing video and multimedia for open and flexible learning. New York. Routledge.2006.

Miarso, 2000. Teknologi Komunikasi Pendidikan: Pengertian dan Penerapannya di Indonesia, Jakarta: Diterbitkan oleh Pustekkom Dikbud dan CV. Rajawali dalam rangka ECD Project (USAID).

Moerdiyanto, 2012. Perluasan implementasi pendidikan kewirausahaan model project based learning bagi remaja putus sekolah korban gempa. Jurnal pendidikan economia, (Online), Vol 8(1), 2012, (http://id.portalgaruda.org/), diakses 29 September 2017

Moonen, R.M. 2000. Strategy ang Technical Buku Diklate of Educational Technology (Thrid Edition), New Jersey Englewood Chiffis Hall, Inc.

Mulyasa. 2005. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya Mulyatiningsih, E. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Mustaji, 2009. Desain Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.

Nana Syaodin Sukmadinata, 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung, PT. Remaja Rosfakarya.

Permendikbud No.59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Kejuruan

Punaji Setyosari, 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Jakarta, Kencana

Rini, T., & Cholifah, P. (2020). Electronic Module With Project Based Learning (PjBL): Innovation Of Digital Learning Product On 4.0 Era. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(2), 155–161. https://doi.org/10.17977/um039v5i22020p155

Ross, MM. 1996. Production of Print Dalam Tjeerd Plomp & Donald P. Ely (Eds), International Enclylopedia of Educational Tecnology (Second Edition), UK. Ambridge University Press.

Saputri, V., & R., S. (2020). Pengembangan Modul Elektronik Teks Hikayat Berbasis Model deduktif Kelas X SMA. Jurnal PAKAR Pendidikan, 518(1), 01-1846–1856.

Seels, Barbara B & Richey, Rita C. 1994. Teknologi Pembelajaran Definisi d Kawasanya. Penerjemah Dewi S. Prawiradilaga dkk. Jakarta, Kerjasa IPTPI LPTK UNJ

Setyosari, Punaji & Sihkabuden, 2005. Media Pembelajaran. Malang: Elang Mas.

Simon, Adi. 2001. Design Principles Of Learning Products: Buku Diklates. Tektbooks And Guidebooks. New York, Youth Gold Press.

Simon, Peter. 1995. Prinsip Penyusunan Buku Ajar Bagi Peserta Semarang Persada Karya.

Sockanto, Toeti. 1993. Perancangan dan Pengembangan Sistem Intruksional. Jakarta, Intermedia.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2002. Media Pengajaran. Bandung, Sinar Baru Algesindo.

Sugyono (2015) Metode Penelitian & pengembangan (Research & Development R&D), Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i2.329-340

Article Metrics

Abstract view : 1267 times
PDF - 830 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.