IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MODIFIKASI TINGKAH LAKU AS-SYARKOWI DALAM PAI

(1) * Laili Azkiya Putri Mail (Universitas Islam Negeri Madura, Indonesia)
(2) Achmad Muhlis Mail (Universitas Islam Negeri Madura, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Model pembelajaran Modifikasi Tingkah laku dalam proses pembelajaran dianggap suatu hal penting yang harus ada, karena hal ini sesuai dengan tujuan utama dalam pembelajaran, yaitu tercapainya perubahan tingkah laku yang diharapkan, memiliki lingkup aplikasi yang luas dan dijadikan sebagai treatment terhadap berbagai masalah tingkah laku maupun belajar anak yang disebabkan oleh faktor fisik atau biologis. Dalam Modifikasi perilaku analisis terhadap perilaku yang akan diubah harus dilakukan menjadi perilaku yang tunggal (rinci), sehingga beda dengan perilaku lain.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model pembelajaran modifikasi tingkah laku dan implementasinya dalam pendidikan. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode studi pustaka dengan sumber data adalah buku dan artikel jurnal serta sumber lain yang relevan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian dari teori, prinsip, tujuan, metode atau prosedur pelaksanaan modifikasi prilaku layak di implementasikan dalam pembelajaran PAI, karena memiliki kesamaan orientasi yaitu mengubah akhlak maladaptive menjadi akhlak adaptive. Perubahan akhlak ini diperlukan untuk mengembangkan pembelajar Muslim yang memiliki akhlak mulia.  

Keywords


Model Pembelajaran, Modifikasi Tingkah Laku, As-Syarkowi, PAI

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ptk.v8i4.1310-1324
      

Article metrics

10.31604/ptk.v8i4.1310-1324 Abstract views : 0

   

Cite

   

References


Angraini, S. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward and Punishment bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3).

Aribowo, D. (2021). Sistem Perancangan Conveyor Menggunakan Sensor Proximity PR18-8DN pada Wood Sanding Machine. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 8(1).

Darlmaldi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dinamika Berbasis Siswa. Jakarta: Depublish.

Dalullaly. (2021). Perilaku Maladaptif Anak dan Pengukurannya (The Children Maladaptive Behavior and Measurements). Bulletin Psikologi.

Haryati, T. (2023). Model Pembelajaran Modifikasi Tingkah Laku dan Implementasinya dalam Pendidikan Agama Islam. Journal of Islamic Studies, 2(1).

Hermanto. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Mandiri Menggunakan Modul Digital dan Modul Cetak terhadap Hasil Belajar Sejarah Ditinjau dari Minat Baca Siswa. Jurnal Candi, 18(2).

Hidalyah, A. L. (2025, April). Pendidikan Agama Islam Berbasis Behaviorisme: Strategi Efektif Membangun Perilaku Positif Siswa melalui Reinforcement. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 10(1).

Mardiyani, K. (2022, September). Tujuan dan Penerapan Teori Behaviorisme dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kearifan Lokal, 2(5).

Martin, G. (2015). Modifikasi Perilaku: Makna dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulfairiani, W. (2021, Agustus). Modifikasi Perilaku Teknik Shaping untuk Mengurangi Kecemasan Sosial pada Anak. Jurnal Psikologi Universitas Muhammadiyah Lampung, 3(2).

Mulia, M. (2024). Program Modifikasi Perilaku dengan Reinforcement Positif untuk Meningkatkan Disiplin Kerja pada Pegawai di Dinas Pendidikan. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 5(1).

Mustaqim. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Novarianing, D. (2021). Modifikasi Perilaku: Teori dan Penerapannya. Madiun: Unipma Press.

Partono. (2020). Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam melalui Implementasi Pendekatan Integratif.

Sayuthi. (2021, Desember). Konsep Pengendalian Intern untuk Keamanan Sistem Informasi. Jurnal Al-Buhuts, 17(2).

Suprijono, A. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutirman. (2013). Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syarkowi. (2012). Pembelajaran: Teori dan Aplikasinya. Perpustakaan Anglo Mesir.

Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ulum, N. (2022, Oktober). Karakteristik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Edupedia, 1(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.