MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DENGAN BUKU BERBASIS POP-UP PADA MATERI BANGUN DATAR BAGI PESERTA DIDIK SD.

(1) * Wirna Arifitriana Mail (Fakultas Teknik/Teknik Sipil,Universitas Graha Nusantara (UGN) Padangsidimpuan., Indonesia)
(2) Yuni Rhamayanti Mail (FKIP/Pendidikan Matematika,Universitas Graha Nusantara (UGN) Padangsidimpuan., Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan minat belajar matematika peserta didik kelas IV SDN 101309 Batu Godang II Kecamatan Angkola Sangkunur melalui penggunaan media Pop Up Book pada materi Bangun Datar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian meliputi tes pemahaman, lembar observasi, dan angket minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada aspek pemahaman dan minat belajar. Rata-rata nilai pemahaman meningkat dari 58,40 pada pra-siklus menjadi 72,10 pada siklus I, dan mencapai 85,75 pada siklus II, dengan ketuntasan klasikal naik dari 35% menjadi 90%. Rata-rata skor minat belajar meningkat dari 72,25% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II, termasuk kategori “Sangat Baik”. Temuan ini menunjukkan bahwa media Pop Up Book efektif sebagai alat bantu visual-interaktif yang mampu menjembatani konsep abstrak menjadi konkret, serta meningkatkan partisipasi aktif dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran inovatif dalam pendidikan dasar, khususnya dalam pengajaran matematika yang kontekstual dan menyenangkan.


Keywords


Pop Up Book, pemahaman, minat belajar, bangun datar

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ptk.v8i4.1192-1200
      

Article metrics

10.31604/ptk.v8i4.1192-1200 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Afandi, M. (2014). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 1–19.

Hutabarat, A. (2020). Analisis kesulitan belajar siswa dalam memahami konsep bangun datar dikelas V SD Negeri 384 Sikapas Kecamatan Muara Batang Gadis Kabupaten Mandailing Natal. IAIN Padangsidimpuan.

Kriyantono. (2020). metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan). In Metode Penelitian Pendidikan.

Nahdi, D. S. (2019). Keterampilan matematika di abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 456195.

Nisa, H., & Suyadi, S. (2020). Mengatasi kesulitan belajar matematika anak usia sekolah dasar dengan pendekatan psikologi kognitif. Metodik Didaktik, 16(1).

Nurhaswinda, N., & Parisu, C. Z. L. (2025). Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar dan Solusinya. Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 1(1), 50–58.

Pandiangan, A. P. B. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa). Deepublish.

Pramesti, S. N., Agustini, K., & Sudata, I. G. W. (2025). Studi literatur: Peran media pop-up book pada pembelajaran matematika. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1 Februari), 713–726.

Putri, D. K., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan penalaran matematis ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351–357.

Putri, R. I. I., Araiku, J., & Sari, N. (2021). Statistik Deskriptif. Bening Media Publishing.

Riduwan. (2021). Dasar-Dasar Statistika dalam Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Saputra, H. (2024). Perkembangan berpikir matematis pada anak usia sekolah dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6(2), 53–64.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan (3rd ed.). Alfabeta.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Syarifuddin, M. P., & Utari, E. D. (2022). Media pembelajaran (dari masa konvensional hingga masa digital). Bening Media Publishing.

Umar, H. (2014). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Rajawali Press.

Usman, J., & others. (2023). Perancangan dan Pengembangan Buku Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Menggunakan Participatory Action Research (PAR).

Wilda, W. (2024). Pengembangan media pembelajaran pop up Book melalui Collaborative Creativity berbantuan Blender 3D untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.