ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 PERBAUNGAN BERDASARKAN GENDER PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Tasya Dwi Liza, Rizki Fauziah Siregar, Rizki Rahmadani, Ramadhani Ramadhani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar siswa pada pembelajaran matematika SMK Negeri 1 Perbaungan dengan berdasarkan gender. Jenis penelitian adalah kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XIITKJ-2 SMK Negeri 1 Perbaungan. Dalam hal ini penelitian menggunakan tes tertulis pada materi statistika dengan memberikan 5 soal essay kepada siswa dan peneliti juga menyebarkan angket berupa minat belajar yang terdiri dari 20 pertanyaan. Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa perempuan ccenderun lebih unggul dalam minat belajar matematika dibandingkan dengan siswa laki-laki pada SMK Negeri 1 Perbaungan. Hal itu dibuktikan pada hasil jawaban pada angket yang memiliki 5 indikator dengan 20 butir, dimana siswa perempuan lebih unggul dalam rasa senang, ketertarikan, keterlibatan, rajin dalam belajar dan rajin dalam mengerjakan tugas matematika. Sedangkan untuk indicator 5, yaitu disiplin dan memiliki jadwal belajar, keduanya setara dan tidak ada perbandingan. Sehingga dalam hal ini, siswa perempuan memiliki minat belajar lebih tinggi dibandingkan dengan siswa laki-laki pada tingkat SMK Negeri 1 Perbaungan.


Keywords


Minat Belajar, Gender

Full Text:

PDF

References


Hatip, A., & Listiana, Y. 2019. Minat, Kemandirian dan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam e-Learning Berbasis Edmodo. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 485-496.

Narendrati, N. 2017. Komparasi Pembelajaran Statistika Melalui Pendekatan CTL dan Problem-Posing Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Minat Belajar Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 67-77.

Partayasa, W., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. 2020. Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Minat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 168-179.

Permata, C. A. M., & Kristanto, Y. D. 2020. Desain Pembelajaran Matematika Berbasis Gamifikasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 279-291.

Safitri, W. Y., Retnawati, H., & Rofiki, I. 2020. Pengembangan Film Animasi Aritmetika Sosial Berbasis Ekonomi Syariah untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa MTs. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 195-209.

Sutrisno, Happy. N., & Susanti, W. 2020. Eksperimentasi Model Discovery Learning Terhadap Prestasi dan Minat Belajar Matematika Siswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 580-590.

Tambunan, H. 2020. Kinerja Guru Matematika SMA dalam Membangun Minat dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 108-117.

Vahlia, I., ES, R. Y., & Anjar, T. 2017. Efektivitas Pendekatan Saintifik Berbasis Group Investigation dan Discovery Learning Ditinjau dari Minat Belajar Mahasiswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 128-135.

Widyastuti, Wijaya, A. P., Rumite, W., & Marpaung, R. R. T. 2019. Minat Siswa Terhadap Matematika dan Hubungannya dengan Metode Pembelajaran dan Efikasi Diri. Jurnal pendidikan Matematika, 13(1), 83-100.

Wigati, S. 2019. Penggunaan Media Game Kahoot untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Matematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 457-464.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i2.208-216

Article Metrics

Abstract view : 580 times
PDF - 253 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.