ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GENDER DI SMK NEGERI 1 PERBAUNGAN PADA MATERI PROGRAM LINEAR
Abstract
Tujuan dari penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari gender. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas XITKJ-2 SMKN 1 Perbaungan. Penelitian ini menggunakan tes tertulis pada materi program linear dengan memberikan 2 soal essay kepada siswa. Dalam hal ini peneliti melihat dari kategori tinggi, sedang, dan redah. Hasil penelitian ini adalah 1) Perbedaan siswa laki-laki dan perempuan dalam memecahkan masalah pada indikator memeriksa kembali jawaban kognitif tinggi, sedang, dan rendah siswa laki-laki tidak mampu memeriksa kembali cenderung mengabaikannya sehingga terdapat kesalahan perhitungan pada saat mencari solusi tinggi mampu akhir sedangkan kemampuan tinggi pada siswa prempuan mampu memeriksa kembali yang terdapat didalam soal yang diberikan dengan teliti serta menghitung hasil akhir permasalahan sehingga memperoleh solusi akhir dengan tepat. 2) Kemampuan pemecahan masalah kelas XITKJ-2 SMKN 1 Perbaungan pada siswa laki-laki dengan kemampuan tinggi, siswa bisa menganalisis soal yang diberikan dan menuliskan informasi yang terdapat di dalam soal dengan baik namun siswa kurang mampu memeriksa kembali jawaban yang terdapat didalam soal. 3) Kemampuan pemecahan masalah kelas XITKJ-2 SMKN 1 Perbaungan pada siswa perempuan dengan kemampuan tinggi siswa bisa menganalisis soal yang diberikan dan mampu menuliskan informasi dan memeriksa kembali jawaban yang terdapat didalam dengan baik dan teliti.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, L., & Umar, K. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-langkah Polya pada Siswa SMPN 1 SIPIROK. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 22-47.
Ahmad, A. M. 2017. Aspek Merencanakan Pemecahan Masalah Geometri Ditinjau dari Pendekatan Polya Berdasarkan Gender. Prosiding S1 MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami), 1(1): 319-326
Amir, Z. M. Z. 2013. Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika. Marwah, 12(1):14-31.
Anggraeni, R dan Herdiman, I. 2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Pada Materi Lingkaran Berbentuk Soal Kontekstual Ditinjau dari Gender. Jurnal Numeracy, 5(1): 19-28
Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601
Hafidz, A. A., Kusumaningsih, W., & Aini, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Berdasarkan Gender. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(6), 373380. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4867
Hidayat, W., dan Sariningsih, R. 2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 109-118.
Indri Herdiman, R. A. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Smp Pada Materi Lingkaran Berbentuk Soal Kontekstual Ditinjau Dari Gender. Jurnal Numeracy, 5(4), 1928.
Nadhifah, G., & Afriansyah, E. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 3344.
Netriwati. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Pengetahuan Awal Mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2): 181-190.
Novitasari, N., & Wilujeng, H. &. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 10 Tangerang. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 137-147.
Nur, A. S. dan Pabolo, M. 2018. Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 139-148.
Nurcholis, R., Azhar, E., & Miatun, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Perbedaan Gender. 8(1), 4150.
Rinny Anggraeni, I. H. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Pada Materi Lingkaran Berbentuk Soal Kontekstual Ditinjau Dari Gender. 5(April), 1928.
Rizki, N., Prayitno, S., Hikmah, N., & Turmuzi, M. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IX SMP Ditinjau Dari Gender. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 328337. https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.71
Score, S. (2021). Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 10(1), 4458. https://repository.usd.ac.id/41056/1/7455_meningitis.pdf
Setyadi, D., Masi, L., Salim, S., & Kadir, K. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Perbedaan Gaya Belajar. Jurnal Amal Pendidikan, 1(1), 63. https://doi.org/10.36709/japend.v1i1.11684
Sugiyanti, S. 2017. Analisis Kemampuan Pemecahan Mawalah pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Berbentuk Soal Cerita Ditinjau dari Gender. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Tarigan, I. M., Simanjorang, M. M., & Siagian, P. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gender di SMP N 1 Kuta Buluh. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2984–2998. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1791
Vahlia, I., Ramadhani, N., Loreza, N., & Febrilia, N. A. (2022). MENYELESAIKAN SOAL STATISTIKA kognitif , efektif , dan psikomotor seorang siswa . Dalam proses belajar ada beberapa. 3(1), 7985.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i2.192-200
Article Metrics
Abstract view : 1980 timesPDF - 460 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.