ANALISIS PERBEDAAN MANAJEMEN DALAM KURIKULUM 2013 (K13) DENGAN KURIKULUM MERDEKA DI SATUAN PENDIDIKAN DASAR

(1) * Agape Kartina Hutabarat Mail (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan, Indonesia)
(2) Dame Romauli Napitupulu Mail (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan, Indonesia)
(3) Eka Widawati Manalu Mail (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan, Indonesia)
(4) Elsi Kristin Silalahi Mail (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan, Indonesia)
(5) Fhazizah Dewi Pane Mail (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan, Indonesia)
(6) Friska Lorencia Sinaga Mail (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan, Indonesia)
(7) Gabe Monika Berutu Mail (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan, Indonesia)
(8) Laurensia Masri Perangin-angin Mail (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penulis memiliki tujuan dalam penelitian studi kepustakaan ini untuk menganalisis
perbedaan antara K13 menjadi kurikulum merdeka. Metode penelitian yang digunakan oleh
peneliti adalah melalui studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Studi kepustakaan ini
dilakukan dengan menganalisis jurnal, buku, dan karya ilmiah yang tersedia di internet.
Langkah penelitian yang ditempuh peneliti dalam hal ini yaitu: merumuskan judul penelitian
yang akan dikaji, menemukan berbagai referensi dari internet termasuk Google scholar,
menganalisis referensi yang diperoleh dan tentunya sesuai dengan judul penelitian,
menemukan inti dari referensi yang telah ditemukan kemudian disesuaikan dengan judul
penelitian, serta menulis jurnal dari hasil analisis. Hasil yang diperoleh peneliti dalam jurnal
ini adalah perubahan-perubahan kurikulum yang terjadi hingga saat ini mulai diberlakukan
kurikulum merdeka dapat dinyatakan sebagai tindakan untuk memperbaiki pendidikan di
Indonesia. Terdapat beberapa hal yang membedakan manajemen kurikulum 2013 dan
manajemen kurikulum merdeka dalam penerapannya yaitu: kurikulum merdeka merupakan
kurikulum yang dilaksanakan dengan syarat yang mengutamakan pendidikan karakter dan
merdeka belajar. Sedangkan pada kurikulum 2013 lebih menekankan pada tiga kompetensi
yaitu kompetensi afektif, kompetensi kognitif, dan kompetensi psikomotor.


Keywords


Manajemen Kurikulum, Kurikulum 2013, Kurikulum Merdeka.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ptk.v6i1.145-157
      

Article metrics

10.31604/ptk.v6i1.145-157 Abstract views : 2660 | PDF views : 7382

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Anwar, R. (2014). Hal-Hal yang Mendasari Penerapan Kurikulum 2013. Humaniora, 5(1). https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i1.298

Arifin, Z. (2012). Konsep dan model pengembangan kurikulum: konsep, teori, prinsip, prosedur, komponen, pendekatan, model, evaluasi dan inovasi.

Defyanti, V. (2016). Pelaksanaan manajemen kurikulum 2013 pada tingkat sekolah dasar di kecamatan Tanjung Emas. Al-fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 177-186.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Lazwardi, D. (2017). Manajemen kurikulum sebagai pengembangan tujuan pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 119-125.

Machali, I. (2014). Kebijakan perubahan kurikulum 2013 dalam menyongsong Indonesia emas tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71-94.

Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80-86.

NASBI, I. (2017). MANAJEMEN KURIKULUM: Sebuah Kajian Teoritis. JURNAL IDAARAH, 1(2), 318-330.

Nasbi, I. (2017). Manajemen kurikulum: Sebuah kajian teoritis. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).

Saleh, Meylan. 2020. “‘Merdeka Belajar Di Tengah Pandemi Covid-19.’†Prosiding Seminar Nasional Hardiknas 1:51–56.

Sulfemi, W. B. (2019). Manajemen Kurikulum di Sekolah.

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248-8258.

Syafaruddin, & Amiruddin. (2017). MANAJEMEN KURIKULUM. Medan: PERDANA PUBLISHING.

Taufik, A. (2019). PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM. el-Ghiroh, 27(2), 82-102.

Triwiyanto, T. (2015). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Zaini, H. (2015). Karakteristik kurikulum 2013 dan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 15-31.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.