PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA POHON ANGKA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD ROUDHOTUL WILDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak usia 4-5 tahun menggunakan media pohon angka pada anak kelompok A di PAUD Roudhotul Wildan Tempuran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Siklus I di laksanakan sebanyak 6 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan. Subjek penelitian ini ialah 10 anak kelompok A PAUD Roudhotul Wildan Tempuran. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak usia 4-5 tahun menggunakan media “pohon angka”. proses kegiatan pembelajaran menggunakan media pohon angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia 4-5 tahun. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan menggunakan media pohon angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia 4-5 tahun di PAUD Roudhotul Wildan Tempuran. Berdasarkdan hasil observasi yang telah dilakukan di PAUD Roudhotul Wildan Tempuran bahwa kemampuan berhitung permulaan pada kelompok A dapat ditingkatkan dengan menggunakan media pembelajaran pohon angka. Dengan dibuktikan hasil prsentase rata-rata pada kondisi pra tindakan sebesar 15,50% setelah dilakukannya siklus I meningkat sebesar 60,30% kemudian setelah dilakukannya siklus II meningkat sebesar 87,20%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Afandi. (2019). Pengaruh tutup botol bekas minuman terhadap kemampuan membilang. Jurnal AUDI. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/2728
Anggi Sudono, (1995). Alat-alat Permainan dan Sumber Belajar Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdikbud. Dirjen Dikti Proyek Pendidikan, Akademi Jakarta
Arikunto, S. (2015) Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara
Dwi, R. K. (2019). Meningkatkan kemampun berhitung melalui media dadu geometri pada kelompok A. Jurnal Cendekia. https://journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia/article/view/95
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa
Fithriyanti, N., & Nugrahani, R. Pengaruh Permainan Tradisional Kelereng Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini. Pros. SNasPPM 6, 471–475 (2021).
Guslinda, S. P., & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: Jagad Publishing
Khadijah (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Mulya Sarana
Montolu (2005). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
Noge, M.D., M. M. & N. E. (2019). Pengembangan Media Pohon Angka Untuk Aspek Kemampuan Berbahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TKK Negeri Bunga Bangsa.
Sujiono N.Y. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Index
Syifa, Astuti, Feronica. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Poster Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Angka Permulaan Pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun Di TPQ An-Namlu Palumbonsari Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/2263
Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jambi :Kencana
Sriningsih, Nining. (2008). Pembelajaran Matematika Terpadu Untuk Anak Usia Dini. Bandung :Pustaka Sebelas
Suyadi. 2015. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains, Bandung: Remaja Rosdakarya
Tafonao Talizaro, (2018).“PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA”. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, Juli 2018
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i1.110-118
Article Metrics
Abstract view : 3354 timesPDF - 1614 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.