MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA MELALUI TEKNIK MEMBACA CEPAT DI SMP NEGERI 5 PADANG SIDEMPUAN

Rosmawar Rosmawar

Abstract


Tujuan terhadap penelitian yaitu meninggkatkan pemahaman membaca siswa melalui teknik membaca cepat di SMP Negeri 5 Padang Sidempuan.Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai desain penelitian. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan membaca cepat dapat meningkatkan pemahaman membaca literal siswa dalam hal ide pokok. Ini didasarkan pada hasil tes membaca siswa pada siklus I dibandingkan dengan hasil tes membaca siswa pada siklus II. Pada siklus I, siswa mendapat nilai rata-rata 70,66 dan meningkat dalam tes pada siklus II siswa mendapat nilai rata-rata 72. Oleh karena itu, ada peningkatan yang signifikan terhadap pemahaman membaca interpretatif siswa pada siklus II dibandingkan dengan skor siswa pada siklus II. Nilai rata-rata pemahaman bacaan interpretatif siswa adalah 60 pada siklus I dan 76 pada siklus II dan peningkatan 16%.

Keywords


Pemahaman Membaca, Membaca Cepat, Membaca Literal, Membaca Interpretatif.

Full Text:

PDF

References


Amalia, F. N. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat Dengan Teknik Skimming. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 12(1), 31–41. https://doi.org/https://doi.org/10.33557/jedukasi.v12i01.479

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Khotimah, A. H., Djuanda, D., & Kurnia, D. (2016). Keterampilan Membaca Cepat Dalam Menemukan Gagasan Utama. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 341–350. https://doi.org/https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3040

Kusuma, C. S. D. (2018). Integrasi bahasa Inggris dalam Proses Pembelajaran. Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, 15(2), 43–50. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v15i2.24493

Maduwu, B. (2016). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah. Jurnal Warta, I(02), 0–116. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/wdw.v0i50.207

Slamet, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat Melalui Metode Latihan Di Kelas Viii a Smp Negeri 2 Darma. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 119–135. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1547

Syahriandi, J. A. (2015). Membaca-Cepat-Pemahaman Mahasiswa Universitas Malikussaleh. Visioner & Srategis, 4(2), 1–9.

Tantri, A. A. S. (2015). Cara Memaksimalkan Kemampuan Membaca Cepat. ACARYA PUSTAKA: Jurnal Ilmiah Perpustakaan Dan Informasi, 1(2), 10–27. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ap.v1i2.10051

Wina Sanjaya. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i2.316-320

Article Metrics

Abstract view : 878 times
PDF - 289 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.