STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDIT KHOIRUL UMMAH KEDUNG WARINGIN
Abstract
Pada saat ini sektor Pendidikan sedang diserang oleh Pandemi Covid-19. Untuk itu hampir seluruh Lembaga Pendidikan melakukan kegiatan belajar mengajar secara Daring, begitu juga dengan pembelajaran Tahfidzul Qur’an dan ini menjadi suatu tantangan baru bagi pendidik dan lembaga pendidikan. Penelitian ini dilakukan di SDIT khoirul Ummah Kedung Waringin, pada umumnya sekolah yang berbasis keagamaan ini mengunakan metode pembelajaran talaqi face to face. Dengan demikian maka pada Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi serta dokumentasi, yang selanjut nya di kembangkan melalui analisis data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam penerapan pembelajaran Tahfidzul Qur’an berjalan dengan baik, meskipun ada halangan seperti terkendala sinyal. Cepat habisnya kuota dan memori Ponsel penuh menjadi hambatan dalam Strategi Kepala Sekolah dalam Mengimplmentasikan pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Masa pandemi Covid-19.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ade Imelda. (2018). Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam.
Anis, Ibrahim, dkk (2005). Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam keluarga. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Ahmad Fathoni (2015). Tren Menghafal Al-Qur’an Makin Berkembang”, http://www.republika.co.id.
Lex Lubis, dkk, (2020) “Pembelajaran Al-Qur’an Era Covid-19: Tinjauan Metode Dan Tujuannya Pada Masyarakat Di Kutacane Aceh Tenggara.” KUTTAB 4, no. 2 y J
Moleong. (1991). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
M. Hasbi Ash-Shiddieqy. (1992). Sejarah dan Pengantar ‘Ulum al-Qur’an/Tafsir. Jakarta :Bulan Bintang
Makarim, Nadiem anwar. (2020) Surat Edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020 tetang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.
Nana Sudjana. (2009). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Nanang Fatah. (2004). Landasan Manajemen Pendidikan. Cet. VII; Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Oemar Hamalik, (1983) Metode Belajar Dan Kesulitan-Kesulitan Belajar, Bandung: Tarsito.
Nurul Hidayah. (2016). Strategi Pembelajaran Tahfidzul Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan. Jurnal TA’ALLUM, Vol. 04, No. 01, Juni 2016
Putra Aditian Utama, dkk (2019). Upaya Guru Tahfizh Dalam Meningkatkan Hafalan Alquran Peserta Didik Kelas Xi Sma Muhammadiyah Boarding School ZamZam Desa Pernasidi Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2019/2020. ‖ N.D., 13.
Sa’ad Riyadh. (2009). Langkah Mudah Menggairahkan Anak Hafal Al-Qur‟an. Surakarta:Samudera.
Sulistyorini. (2009). Manajemen Pendidikan Islam Konsep Strategi dan Aplikasi. Cet. I; Yogyakarta: Teras.
Torikhul Wasyik, Abdul Hamid. (2020). Implementasi E-Learning dalam pembelajaran Alquran era Covid-19 di Sanggar tahfidz entrepreneur Junwangi Krian Sidoarjo. Journal of Islamic Religious Education Vol. 4 No.1 Tahun 2020, 13-24
Wardah Wafiyah Mubarakah, Erni Munastiwi. (2020). Pelaksanaan Program Tahfidzul Qur’an Berbasis Online Masa Pandemi Covid – 19. Tadris Jurnal Pendidikan Islam Vol. 15 No.2, 2020
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i2.273-282
Article Metrics
Abstract view : 767 timesPDF - 138 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.