PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA KARAKTER SISWA DI MTSN 5 KARAWANG

Deden Suryana, Akil Akil, Jaenal Abidin

Abstract


Pendidikan merupakan bagian terpenting dan pasti setiap manusia mengalami proses pendidikan, karena dalam agama islam pendidikan merupakan hal yang wajib baik bagi perempuan maupun laki-laki. Pendidikan sendiri memiliki dua bagian yaitu pendidikan yang memberikan pelajaran umum, dan ada pendidikan yang terfokuskan pada pendidikan agama. Dalam membentuk suatu karakter pada setiap individu sudah pasti yang bergerak dalam bidang pendidikan tersebut ialah pendidikan agama dengan pembelajaran akidah akhlak. Aqidah akhlak sendiri ialah sebagai bagian dari ilmu pendidikan agama Islam yang memiliki tujuan untuk dapat menanamkan moral dan karakter yang sesuai denga gama Islam serta dapat di amalakan dalam kehidupan sehari-hari oleh sebab itu hendaknya harus ada pembelajaran khusus dalam membentuk karakter. Dengan demikian proses pembentukan karakter harus melalui pembelajaran akidah akhlak yang mana di dalam nya memuat pembelajaran tentang ketuhanan, keimanan, serta cara bagaimana agar menjadi orang yang memiliki moran serta karakter yang baik. Hal tersebut sesuai sebagaimana pendidikan memiliki tujuan untuk dapat merubah seseorang menjadi pribadi yang lebik baik dari sebelumnya. Oleh sebab itu permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini ialah bagaimana seorang guru dalam memberikan pembelaajaran akidah akhlak dengan optimal dalam membina akhlak siswa MTsN 5 karawang. Dengan menggunakan metode penlitian deskriptif kualitatif melalui pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, serta studi literatur. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.


Keywords


Pendidikan, Akhlak, pembelajaran akidah akhlak

Full Text:

PDF

References


Darmadi, 2018. Guru abad 21 prilaku dan pesona pribadi. Lampung:guepedia

Kutsiyyah, 2019, Pembelajaran Akidah Akhlak. Pamekasan: Duta Media

Lutfiyah qibtiyah, 2020. Perbandingan pendidikan moral persfektif islam dan barat. Kuningan : goresan pena

Moleong, 2005, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya Bandung.

Permendiknas No 22 Tahun 2006, Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Tingkat Dasar Dan Menengah.

Hary prasetyo, 2019. Menjadi guru yang hebat dan menyenangkan. Penerbit duta

Margarita, tamonob, 2021. Profesi guru adalah misi hidup. Indramayu:penerbit adab

Nur ainiyah, 2013, Pembentukan karakter melalui pendidikan agama islam, jurnal al ulum:jurnal studi studi islam.

Rohmat solihin, 2021. Akidah akhlak dalam persfektif pembelajaran di madrasah ibtidaiyah. Indramayu: adanu abimata.

sudarwan danim, 2010, profesionalisasi dan etika profesi guru, alfabeta Bandung. 2010.

Syuhada, abdillah, 2019. Akidah akhlak madrasah tsanawiyah. Jakarta: bumi aksara

Moh.noor, 2019. Guru profesional dan berkualitas. Semarang:alprin.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i2.259-265

Article Metrics

Abstract view : 1716 times
PDF - 830 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.