KECAKAPAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI SMK NEGERI 1 CILACAP

Nurkholis Nurkholis, Budi Santosa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris melalui metode Role Playing. Penelitian dilakukan di kelas XI OTKP 2 SMKN 1 Cilacap dengan jumlah subjek penelitian 35 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Pada pembelajaran siklus I siswa melakukan role playing berdasarkan naskah percakapan. Siklus II lebih difokuskan pada aspek kebahasaan dan nonkebahasaan yang masih kurang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa melalui metode role playing. Rerata keterampilan berbicara bahasa Inggris pratindakan sebesar 61,14 naik menjadi 70,86 (meningkat 16%) pada siklus I dan menjadi 82,86 (meningkat 35%) setelah tindakan siklus II.

Full Text:

PDF

References


Dakowska, Maria. (2005). Teaching English as a foreign language: A guide for professionals. Warszawa: Wydawnictwo Naukowe PWN.

Depdiknas. (2006). Metode Role Playing (Contextual Teaching Learning/CTL). Jakarta: Balai Pustaka.

Gumelar, A., Sugara, A.D. (2019). The use of role play to improve speaking skill for grade XI of SMK 2 Sangkuriang Cimahi. Professional Journal of English Education. 2 (6).

Huda, K. (2015). Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris melalui metode role playing: Jurnal Didaktikum 16 (3).

Iriance. (2018). Improving speaking ability of the students of SMKN 12 Medan Labuhan by implementing role play technique. Journal of Studies in Language. 2 (1).

Joyce, Bruce et.al. (2009). Models of teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Meriana, F. (2021). The effort to increase motivation and speaking skill through a role playing method for XI TKR 2 students of SMKN 2 Bangkalan. SELL Journal.6 (2), 102-111.

Naiborhu, R. (2019). Upaya meningkatkan keterampilan berbicara bahasa inggris melalui metode bermain peran. Jurnal Global Edukasi. 1, 7-12.

Rao, S.P. (2018). The Role of teachers in developing speaking skills. Academician, SAARJ Publications. 8(12), Pp. 84-96. DOI Number: 10.5958/2249- 7137.2018.00068.X, www.saarj.com. Online.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y.D. (2022). Penelitian tindakan kelas: Media Nusa Creative (MNC Publishing)

Uno, H.B. (2010). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Ur, P. (1996). A course in language teaching, practice and theory.Cambridge: Cambridge University Press




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i2.231-236

Article Metrics

Abstract view : 637 times
PDF - 495 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.