OPTIMALISASI BUDAYA MUTU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-HURRIYYAH
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah agar dapat diketahui tingkat Optimasi Budaya Mutu dalam meningkatkan Prestasi Akademik di Madrasah Tsanawiyah. Dalam penelitian ini bertempat di Madrasah Tsanawiyah Al-Hurriyyah dengan menggunakan metode kualitprestasiatif. Pada metode kualitatif ini diperoleh data deskriptif dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan dari orang atau tingkah laku yang diamati. Penelitian kualitatif dalam konteks ini mengacu pada keadaan benda-benda alam yaitu benda-benda yang berkembang tanpa intervensi dari peneliti. Upaya dalam optimalisasi budaya mutu pada prestasi akademik di Madrasah Tsanawiyah Al-Hurriyyah ini sangat maju dan berkembang dengan baik. Dengan dibuktikannya banyak peserta didik yang berprestasi dan aktif dalam hal kegiatan akademik.. Selain itu beberapa upaya yang dilakukan oleh pihak masdrasah yaitu dengan memiliki visi, misi dan tujuan serta kurikulum yang baik untuk merancang KBM yang efektif. Pada upaya ini perlunya pengawasan serta perhatian dari kepala madrasah agar dapat melakukan mengoptimalisasikan budaya bersama di Madrasah Tsanawiyah Al-Hurriyyah. Dalam upayanya penerapan budaya mutu di Madrasah Tsanawiyah Al-Hurriyyah berjalan dengan semestinya meski belum seluruhnya dapat diterapkan tetapi dari pihak madrasah sebaik mungkin untuk memaksimalkan budaya mutu tersebut. Pada keadaan kali ini situasi pandemi Covid-19 merupakan satu dari satu contoh kendala yang hadir dalam upaya pengoptimalisasian budaya mutu, hal ini berdampak pada peraihan prestasi yang mengikuti peserta didik mengalami penurunan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Epdiknas, Manajemen Pendidikan Mutu Berbasis Madrasah, (Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah,2001), hlm.4.
E.Mulyasa, Menjadi Kepala Madrasah Profesional dalam Menyukseskan MBS dan KBK (Bandung:Remaja Rosdakarya,2005),hlm.31.
Kamus Besar Bahasa Indonesia,(Jakarta, balai Perpustakaan,1997),149
Molan Benyamin, “Dampak Budaya Perusahaan Terhadap Kinerja”, (Jakarta: Prenhallindo,1992).4
Nur Kolis, Manajemen Berbasis Madrasah Teori, Model, dan Aplikasi (Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2003), 107.
Prim Masrokan Mutohar, Manajemen Mutu Madrasah (Yogyakarta;Ar Ruz Media,2003), 280-281.
Sallis, Edward, Total Quality Manajement in Education Alih Bahasa: Ahmad Al Riyadi, “Manajemen Mutu Pendidikan”, Yogyakarta: Ircisod,2006.
Undang-undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 4 ayat 6
Wibowo, Budaya Organisasi (Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2013),15-16
Syah. M. 2002. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung; Remaja Rosdakarya.
Danim, S. 2006. Visi Baru Manajemen Sekolah: dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Ii, A. (2013). Definisi Prestasi. Pengertian Prestasi, 53(9), 1689–1699. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/SNPJ/article/viewFile/998/669
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i2.171-181
Article Metrics
Abstract view : 730 timesPDF - 295 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.