MANAJEMEN STRATEGI PENDIDIKAN KESETARAAN KEJAR PAKET C DI PKBM ADITYA KARAWANG

Esa Hafizhah Beki, Hinggil Permana

Abstract


Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) ialah sebuah satu dari banyaknya bentuk badan pendidikan yang dimana fungsinya yaitu untuk memberikan suatu layanan pendidikan bagi masyarakat. Maka dalam penelitian ini munculah permasalah yang terjadi yaitu bagaimanakah suatu proses manajemen rencana peendidikan kesejajaran buru ppaket C, kemudian tujuaan dari penelitiann yaitu untuk menguraikan dan mengkaji perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, pengawasan dan evalluasi rencana peendidikan kesamaan kejaar paket C di PKBM Aditya Karawang. Education metodh yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metodh deskriptiif kualitatif. Dengan sebuah subyek penelitiannya yaitu kepala pengelola PKBM Aditya Karawang. Dengan meggunakan cara peengumpulan data berupa riset, studi pustakaa, wawancarra, dan dokumentasii. Dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa : a. penjadwalan program kejar paket C dilaksanakan semanta-mata untuk menetapkan suatu tujuan program yaitu dengan mengenali kebutuhan-kebutuhan masyarakat belajar, menetapkan  materi dan suatu media pembelajaran, penerimaan tutor dan masyarakat belajar, b. Mobilisasi dari program kejar paket C ini terdiri dari beberapa bagian yaitu bagian tugas, pembagian wewenang serta pembagian tanggungjawab pada masing-masing bidangnya di PKBM Aditya Karawang, c. Pengaplikasian pada pembelajaran paket C ini dilakukan seminggu tiga kali dengan menerapkan kurikulum 2013 menggunakan metode diskusi, ceramah, tanya jawab dan praktek dan untuk penggunaan media pembelajarannya yaitu menggunakan buku, google classroom, modul, dan youtube, d. Bagian pengamatan pada kegiatan strategi paket C ini dilakukan dengan cara internal dan eksternal, e. Evaluasi pada strategi paket C ini dengan beberapa tahap yaitu evaluasi formatif, evaluasi sumatif dan terkahir yaitu evaluasi akhir.

Full Text:

PDF

References


Ciptasari, D. R. (2015). Manajemen Program Pendidikan Kesetaraan Kejar Paket C k“Harapan Bangsa” Di UPTD SKB Ungaran Kabupaten Semarang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2), 115–120.

Rohman, A. (2017). Dasar Dasar Manajemen. Malang: Inteligensia Media.

Andi, R, P. (2017). Manajemen Pendidikan. Makassar: Celebes Media Perkasa.

Rahman, T., Arin, T, M., Rolyana, F., Nur, A, N., Hengki, M, P, S., Eko, S., Abdurrozzaq, H., Idah, K, D., Dyah, G., Bonaraja, P., Sukarman, P., & Marto, S. (2021). Organisasi dan Manajemen. Medan: Yayasan Kita Menulis.

John, S. (2014). Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Gustina, E. dan A. (2020). aAnalisis pProfesionalisme Guru Di Smkk Negeri 1 Padang. Jurnall Bahana Manajemen Pendidikann, 9(1), 14–19.

Fadjar, A, M. (2005). Holistika Pemikiran Pendidikan. Malang: UIN-Maliki Press.

Saefullah, U. (2012). mManajemen Pendidikan iIslam. bBandung: CV Pustakaa Setia.

Wiwin, Y. (2018). Metode pPenelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan kKonseling. Quanta, 2(2), 83–91.

Didin, K., Imam, M., Meita, S. (2013). Manajemen Pendidikan: Konsep & Prinsip pPengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Syaiful, S. (2016). mMemahami Organisasi Pendidikan Budaya Dan rReinventing, oOrganisasi Pendidikan. Jakartaa: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i2.145-152

Article Metrics

Abstract view : 1286 times
PDF - 504 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.