PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Nova Christina Dewi

Abstract


Aktivitas siswa belajar matematika cukup kurang di kelas, siswa memiliki kebiasaan hanya sebagai pemerhati tanpa ada proses Tanya jawab. Pada kemampuan memecahkan masalah tergolong kurang di kelas X, maka dalam penilaian hasil belajar digolongkan pada kategori masih rendah, bahkan siswa kelas X hanya diperoleh nilai di bawah rata-rata dan adanya nilai ketuntasan yang berlaku di sekolah tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk penerapan model pembelajaran group Investigasi dalam meningkatkan sebuah kemampuan pada pemecahan masalah siswa pada pelajaran matematika. Materi pelajaran statistik pada kelas X SMA Negeri 5 Padangsidimpuan tahun ajaran 2020-2021. Penelitian dilakukan dengan pelaksanaan penelitian tindakan kelas, subjek penelitian kelas X-3 berjumlah 30 orang. Siswa memiliki sebuah pengalaman dengan meningkatnya kemampuan pemecahan masalah melalui tes awal lalu dilaksanakan siklus I dan dilanjutkan ke siklus II. Dapat dilihat pada tes awal, kemudian dilaksanakan pada siklus  I  hanya mendapat kategori “Cukup Baik” dan . siklus  II mendapat kategori “Baik” telah terpenuhi yaitu ≥70%. Ini berarti melalui model group investigation dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Keywords


Group Investigasi, Kemampuan Pemecahan Masalah, Statistik.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta.

Harisuddin, M. I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Dengan Pjj Dimasa Covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 98–106. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4683

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109–118. https://doi.org/http: //dx.doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1027

Mustofa, A. A. A., Slameto, & Radia, E. H. (2018). Penerapan Model Group Investigation Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 6(2.1), 26–31. https://jurnal.fkip. uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/11823

Nengsih, L. W., Susiswo, S., & Sa’dijah, C. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar dengan Gaya Kognitif Field Dependent. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 143–148. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.11927

Pratami, A. Z., Suhartono, & Salimi, M. (2019). Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(2), 164–174. https://doi.org/ https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i2.23535

Rambe, A. Y. F., & Afri, D. L. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 09(2), 175–187. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069

Samo, D. D. (2017). Kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa tahun pertama dalam memecahkan masalah geometri konteks budaya. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 141–152. https://doi.org/https:// doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.13470

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270

Suyitno, A. (2015). Mengembangkan Kemampuan Guru Matematika Dalam Menyusun Soal Bermuatan Literasi Matematika Sebagai Wujud Implementasi Kurikulum 2013. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 1–11. https:// doi.org/https://doi.org/10.26877/aks.v4i2/Septembe.552

Wasingah, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(3), 356–370. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i3.82

Wicaksono, B., Sagita, L., & Nugroho, W. (2017). Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Aksioma, 8(2), 1–8. https://doi.org/ https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1876




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i1.112-116

Article Metrics

Abstract view : 794 times
PDF - 411 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.