PENERAPAN TEKNIK BRAINWRITING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PESERTA DIDIK KELAS VIII5 SMP NEGERI 10 BULUKUMBA

Andi Alfina Listya Ningrum, Andi Asnawi, St.Wahidah Z

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan teknik brainwriting pada peserta didik kelas VIII5 SMP Negeri 10 Bulukumba. Data dikumpul dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan selama dua siklus dengan kegiatan yang terdiri  atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 32 orang. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa  pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siklus I, hanya 4 orang peserta didik (12,5%) yang mencapai ketuntasan belajar,  sedangkan terdapat 28 orang peserta didik (87,5%) yang tidak mencapai ketuntasan belajar. Hasil penelitian pada siklus II, menunjukkan terjadi peningkatan.  Yaitu sebanyak  25 orang peserta didik (78,13%) yang hasil belajarnya tuntas dan 7 orang peserta didik (21,87%) yang hasil belajarnya tidak tuntas. Dengan demikian ketuntasan belajar peserta didik telah mencapai ketuntasan klasikal hasil belajar bahasa Indonesia di atas 73% yaitu 78,13%.


Keywords


Brainwriting, peningkatan keterampilan menulis, Teks Eksplanasi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Baxter, Mike. 2001. Product Design: Practical Methods For The Systematic Deelopment of New Products. United Kingdom: Nelson Thornes Ltd.

Brokop, Flo and Bill Persall. 2009. Writing Strategis for Lerners who are Deaf.Edmonton: NorQuest Collage.

Fadillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI/SMP/MTS, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Indah Jiwani, Wahyu. 2017. “peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Melalui Teks Berita Menggunakan Metode STAD Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Petahanan Tahun Pelajaran 2016/2017”.

Isnatun, Siti dan Umi Farida. 2014. Mahir Berbahasa Indonesia. Bogor: Yudhistira.

Jauhari, Heri. 2013. Terampil Mengarang: Dari Persiapan hingga Presentasi, dari Karangan Ilmiah hingga Sastra. Bandung: Nuana Cendekia

Kementerian pendidikan dan kebudayaan. 2013. Bahasa Indonesia Wahana pengetahuan kelas VIII SMP/MTS. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Knapp, Peter dan Megan Watkints. 2005. Genre, Text, Grammar: Technologies for Teaching and Assessing Writing. Australia: University of New South Wales Press.

Kosasih, Engkos. 2014. Jenis-jenis Teks. Bandung: Yrama Media.

Mahsun. 2013. Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Rajawali Pres.

Maryanto. 2014. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Semester 2. Jakarta: kemendikbud.

Michalko, Michael. 2004. Permainan berpikir (Thinkertoys) Bandung: KAIFA.

Mulyasa, E. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Roskadarya.

Ngalimun dan Alfulaila, Noor. 2004.Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia.Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra.Yogyakarta: BPFE

Nurmayanti, Revi .2015. “Keefektifan Strategi Brainwriting Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Ngaglik”. Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Bahasa Indonesia. UNY. Diakses pada tanggal 8 Desember 2019

Pardiyono. 2007. Pasti bisa! Teacching genre-based writing. Yogyakarta: ANDI.

Permendikbud No. 104. 2014. Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: kemendikbud.

Salim, Peter. 2005. The Contemporary English-Indonesian Dictionary. Jakarta: Media Eka Pustaka.

Skripsi. Purwerjo: Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. UMP. Diakses pada tanggal 9 Desember 2019.

Sufanti, Main. 2010. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.

Tarigan, Henry Guntur 2008. Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wilson, Chauncey. 2013. Brainstorming and Beyond: A User-certered Design Method. United Kingdom: MK Morgan Kaufirman

Wiyanto, Asrul. 2004. Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: Grasindo.

Wong, Ruth. 2002. Teaching Text Types in the Singapore Primary Classroom. Singapore: Preantice Hall.

Yanto, Medi. 2013. Jadi Guru yang Jago Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: CV Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i3.516-523

Article Metrics

Abstract view : 815 times
PDF - 781 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.