EFEKTIVITAS E-LEARNING QUIPPER SCHOOL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Irfan Irfan, Jihad Talib, Asdar Asdar

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas e-learning Quipper School dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi Covid 19. Penelitian dilaksanakan dengan tindakan kelas. Kegiatan tindakan melalui perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian didapatkan melalui proses observasi, hasil belajar, dan pendokumentasian. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil  tahun pelajaran 2020/2021. Subyek penelitian yakni kelas XI IPA² dengan jumlah 31 siswa. Analisis data yang diterapkan yakni teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian mengenai pelaksanaan Quipper School dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terbukti efektif. Siklus I hasil belajar siswa 66,29% dan  siklus II meningkat 83,32%.  Peningkatan proses hasil belajar  siklus I ke siklus II yakni 17,03%.  Hasil belajar siswa dalam menganalisis teks pada siklus I hanya 62,06% dan pada siklus II  meningkat menjadi 93,10%. E-learning Quipper School efektif meningkatkan perhatian dan proses hasil belajar siswa pada pembelajaran  Bahasa Indonesia pada masa pandemi Covid-19.


Keywords


E-learning, Quipper School, Bahasa Indonesia, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Anggun Melati Sari, Sarwiji Suwandi, A. A. (2015). Peningkatan Motivasi Belajar dan Keterampilan Menulia Teks Eksplanasi Kompleks melalui Metode Kooperatif Tipe Picture and Picture pada Siswa SMK. Jurnal Basastra, 3(1), 1–19.

Atmazaki. (2009). Mengungkap Masa Depan: Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Konteks Pengembangan Karakter Cerdas. Artikulasi, 8(2), 434–452.

Rika Kustina, H. K. (2014). Efektivitas pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam Materi Pengenalan Struktur Teks Eksplanasi pada Siswa kelas VII.1 SMP Negeri 3 Banda Aceh. STKIP Bina Bangsa Getsempena, V(2 Juli), 148–159.

Rizki Rahmawati, Sudiyanto, S. S. (2015). Keefektifan Penerapan E-Learning-Quipper School pada Pembelajaran Akuntansi di SMA Negeri 2 Surakarta. Jurnal Tata Arta UNS, 1(1), 1–12.

Farha, Ayu, S. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Perhatian dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X Audio Video I SMK Negeri 3 Wonosari. Universitas Negeri Yogyakarta.

Septiana Dwi Puspita Sari. (2015). Manfaat Media Pembelajaran Berbasis ICT (Information and Communication) Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Teknodika, I(1), 1–9.

Suwartini, I. (2014). Analisis Teks Eksplanasi pada Media Massa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Bahastra ,Vol, XXXII(1), 49–64.

Zulaeha, I. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Berkonteks Multikultural. Jurnal Litera, 12(September 2011), 97–105.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i3.506-515

Article Metrics

Abstract view : 294 times
PDF - 152 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
Dikelola Oleh Lembaga Penelitain Pengabdian Masyarakat (LP2M)
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.