EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL KIMIA ANALISA KUALITATIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KREATIVITAS MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19

Salim Efendi, Victor Maruli Pakpahan, Nova Erawati Sidabalok

Abstract


Pelaksanaan akademik salah satunya merupakan Interaksi pembelajaran dosen dengan mahasiswa, yaitu sharing knowledge materi perkuliahan yang dilaksanakan. Oleh sebab itu sangat di butuhkan media pendukung pembelajaran agar perkuliahan terlaksana secara optimal. Dimasa pandemi covid-19 saat ini media digital menjadi alternative  sebagai media pembelajaran yang relevan. Penelitian ini menyajikan data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh melalui quisioner dan pengujian nilai kelayakan media pembelajaran digital sesuai dengan indikator kelayakan mengacu pada Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan untuk kuantitative diperoleh dari hasil pengujian efektifitas Efektivitas Media Pembelajaran Digital Kimia Analisa Kualitatif Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dan Kemandirian Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi farmasi universitas Efarina semester II TA. 2020/2021. Perhitungan  data diperoleh dengan melakukan tes hasil kognitif mahasiswa. Data dianalisa dengan aplikasi SPSS 17.0 unuk signifikan alfa sebesar 0,05. Pengujian validasi penentuan kelayakan media pembelajaran digital diperoleh hasil: (1) Diperoleh media pembelajaran digital sesuai standar kelayakan merujuk pada Kurikulum Farmasi(2) Media pembelajaran digital hasil pengembangan susdah sesuai standard an dapat digunakan sesuai hasil standarisasi diperoleh: standar kelayakan isi sebesar 3.68, standar kelayakan bahasa sebesar 3,58, standar kelayakan penyajian sebesar 3,76, standar kegrafikaan sebesar 3,79 (3) Terdapat peningkatan yang dignifikan kemampuan hasil belajar kognitif mahasiswa dengan menggunakan media pembelajaran digital. (Sig.hitung<  α (0,0267 < 0,05)) (4) Terdapat hasil yang dignifikan peningkatan kreativitas mahasiswa dengan menggunakan media pembelajaran digital. (Sig. hitung<  α (0,0176 < 0,05)).


Keywords


Kreativitas, Kognitif, Media Pembelajaran Digital

Full Text:

PDF

References


Asmi, Adhtya Rol. 2018. Pengembangan Electronic-Modul Berbasis Flip Book Maker dengan Materi Pendidikan Karakter pada Mata Kuliah Pancasila MPK Universitas Sriwijaya. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Volume 27.

Budiono dan Wardi. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Digital Berbasis Visual Basic for Application (VBA) Power Point.. Universitas Negeri Semarang. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, ISSN: 2252-6447.

Carrillo, C., dan Flores, M. A. 2020. COVID-19 and teacher education: a literature review of online teaching and learning practices. European Journal of Teacher Education, 43(4), 466–487. https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1821184

Ibrahim, D dan Siti. 2014. Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta. DOI: 10.21831.

Kumar, V., dan Nanda, P. 2018. Social Media in Higher Education. International Journal of Information and Communication Technology Education.

Marlina. 2019. Development Of Electronic Module: Student Learning Motivation Using The Application Of Ethnoconstructivism-Based Flipbook Kvisoft. Jurnal Pedagogik. Vol. 06 No. 02.

Putra, T.T., Irwan., Vionanda, D. 2012. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1, No.1, pp 22-26.

Rahmatia, M dan Said. (2017). Pengaruh media e-learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 20 Banda Aceh. Volume 2 Nomor 1, 212-227.

Sugianto, D dkk. (2013). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. INVOTEC, Volume IX, No.2

Sumantyo, F. D. S. (2020). Pendidikan Tinggi di Masa dan Pasca Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 81-92

Wibawa Basuki. (2016).Electronic, Mobile, andUbiquitos Learning in Higher Education: Electronic and Mobile Learning International Seminar Proceedings. Post Graduate Program. Universitas Negeri Jakarta.ISBN 978-602-73030-1-01




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i1.103-111

Article Metrics

Abstract view : 3386 times
PDF - 1481 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.