PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MANDIRI TERHADAP PRESTASI PESERTA DIDIK BIDANG STUDI PPKn PADA MATERI POKOK INTEGRASI NASIONAL DALAM BINGKAI BHINNEKA TUNGGAL IKA KELAS X MAN SIABU

Putoro Dongoran

Abstract


Rumusan masalah adalah Apakah ada perbandingan model pembelajaran kooperatif group investigation (GI) dengan model pembelajaran mandiri terhadap prestasi peserta didik bidang studi PPKn pada materi pokok Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika kelas X MAN Siabu. Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui metode pembelajaran kooperatif group investigation  terhadap prestasi belajar peserta didik bidang studi PPKn materi pokok Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika dan Untuk mengetahui metode pembelajaran mandiri terhadap prestasi belajar peserta didik bidang studi PPKn materi pokok Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Untuk melakukan pengujian hipotesis rumus yang digunakan adalah korelasi produk moment. Hasil perhitungan koefisien korelasi tersebut adalah rhitung 1,00 dan rtabel 0,244 maka Ha diterima dan Ho ditolak, dan disimpulankan bahwa (1,00 > 0,244), dan taraf signifikan 1% adalah 0,244. Kesimpulkan penelitian adalah ada pengaruh belajar berbasis kognitif terhadap efektivitas dan kreativitas belajar peserta didik PPKn di MAN Siabu.


Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI), Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Azwar Syaifuddin, 2010. Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ali Muhammad, 2007. Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi, Bandung: Angkasa.

Arikunto Suharsimi, 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dmyati & Mudjiono, 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Daroeeso, Bambang.2008. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Surabaya: Aneka Ilmu.

Emran, Ali. 2006. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan PPKn. Jakarta: Alfabeta .

Firman Harry, 2006. Analisis Literasi Sains Berdasarkan Hasil PISA Nasional, Jakarta, Puspendik.

Furchan. 2004. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gibbs, 2013. Psikologi Perkembangan, Jakarta : Erlangga.

Surya Muhamad, 2016 Strategy Kognitif dalam Pembelajaran, Bandung : Alfabeta.

Sumantri Surya, 2007. Penelitian Kependidikan, Prosedur dan Strategi, Bandung: Angkasa.

Surakman Winarno, 2009. Pengantar Metode Penelitian, Bandung: Tarsito

Siregar, Yani Sukriah, et al. "Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik pada Masa Pandemi Covid 19 di SD Swasta HKBP 1 Padang Sidempuan." Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar (2022): 69-75.

Siregar, Yani Sukriah, Rajab Ansori, and Lanni Kholilah. "PERAN KOLABORASI (PARTNERSHIP) GURU DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA BIDANG STUDI AKUNTANSI DI KELAS X. AKT. 1 SMK MUHAMMADIYAH 14 SIABU TAHUN AJARAN 2021-2022." NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 9.4 (2022): 1505-1510.

Ansari, Rajab, et al. "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MATERI POKOK KEGIATAN EKONOMI PADA KELAS VII SMP NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN TAHUN PELAJARAN 2020-2021." NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 8.1 (2021): 315-318.

Siregar, Yani Sukriah, Riski Baroroh, and Camelia Sipahutar. "PERANAN GURU DALAM ADMINISTRASI SEKOLAH MENENGAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI EKONOMI MATERI POKOK UANG DAN PERBANKAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 SAYURMATINGGI." NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 8.1 (2021): 60-68.

Harahap, Andes Fuady Dharma, and Yani Sukriah Siregar. "Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Bidang Studi IPS Terpadu Materi Pokok Pengelompokan Sumber Daya Alam Di Kelas VII SMP Muhammadiyah Sibabangun Tahun Pelajaran 2018-2019." NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 6.2 (2019): 227-232.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i1.97-102

Article Metrics

Abstract view : 716 times
PDF - 225 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.