UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI PADA MATERI PENGUKURAN DI KELAS V SD NEGERI 20019 PADANGSIDIMPUAN

Eva Permata Sari, Agus Makmur, Erwina Azizah Hasibuan

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa yang hasil pembelajarannya kurang disebabkan rendahnya berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan  masalah matematika. Untuk mengatasi masalah tersebut, pada penelitian ini diterapkan model pembelajaran Inquiri. Penelitian ini bertujuan antara lain adalah (1) Untuk meningkatkan berpikir kritisi matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran Inquiri, (2) Untuk meningkatkan kadar aktivitas siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model  pembelajaran Inquiri, (3) Untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Inquiri.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 200119 Padangsidimpuan dengan subjek kelas V yang berjumlah 25 siswa. Sedangkan objek yang diamati dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Inquiri untuk  meningkatkan berpikir kritis matematika siswa.

Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dan diperoleh melalui penerapan model pembelajaran Inquiri dapat meningkatkan berpikir kritis  matematika siswa. Hal ini diketahui dari rata-rata nilai siklus I sebesar  72.08 dan pada siklus II menjadi 79.64. Persentase siswa yang  berpikir kritisnya meningkat pada siklus pertama adalah  72% meningkat menjadi 88% pada siklus kedua. Kadar aktivitas siswa meningkat, hal ini diperoleh dari rata-rata kadar aktivitas siswa pada siklus I sebesar 79.58%, kemudian pada siklus II sebesar 84.58%. Kemampuan  guru mengelola pembelajaran Inquiri pada siklus I diperoleh katerogi “cukup baik”, sedangkan pada siklus II diperoleh kategori “baik”.


Keywords


Model Pembelajaran Inquiri, Berpikir Kritis, Pengukuran.

Full Text:

PDF

References


Anithah, Sri dkk. 2017. Strategi Pembelajaran. Tanggerang Selatan:Universitas Terbuka.

Anonim. 2020. COVID-19, Siswa PAUD, SD dan SMP di Tapsel Belajar dirumah. Diakses dari: https//daerah.sindonews.com/sematera-utara.

Anurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung:Alfabeta.

Arikunto,Suharsimi. 2013,Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta.

Dahar,Ratna Wilis. 2011,Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta:Erlangga.

Depdiknas. 2003. Kumpulan Pedman Kurikulum 2004. Jakarta:Depdiknas.

Harumni. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakart a:Insan Madani

Hasbullah. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta:Rajawali Pers.

Hendriana, Heris Dan Uteri Soemarno. 2016. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung:PT Refika Aditama.

Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar Dan Stuktur Kurikulum 2013. Jakarta:Kemendikbud.

Menteri Pendidikan. 2020. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Corona Virus (COVID-19).

Muhsetyo, Gatot dkk. 2017. Pembelajaran Matematika. Tanggerang Selatan:Universitas Terbuka.

Riadi, Muchlisin.2018. “Pengertian,Karakteristik Dan Indikator Berpikir Kritis“. Diakses 21 Februari 2018. Dalam http://www.kajianpustaka.com/2018/02/pengertian-karakteristik-dan-indikator-berpikir-kritis.html?m=1

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran mengembangkan Profesional Guru Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:PT Rajagrafindo Persada.

Sagala,Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung:Alfabeta.

Wardani,IGAK., Kuswaya Wihardit. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Tanggerang Selatan:Universitas Terbuka.

Wardani, IGAK dkk. 2014. Perspektif Pendidikan.Tanggerang Selatan:Universitas Terbuka.

Siregar, Yani Sukriah, et al. "Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik pada Masa Pandemi Covid 19 di SD Swasta HKBP 1 Padang Sidempuan." Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar (2022): 69-75.

Siregar, Yani Sukriah, Rajab Ansori, and Lanni Kholilah. "PERAN KOLABORASI (PARTNERSHIP) GURU DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA BIDANG STUDI AKUNTANSI DI KELAS X. AKT. 1 SMK MUHAMMADIYAH 14 SIABU TAHUN AJARAN 2021-2022." NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 9.4 (2022): 1505-1510.

Ansari, Rajab, et al. "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MATERI POKOK KEGIATAN EKONOMI PADA KELAS VII SMP NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN TAHUN PELAJARAN 2020-2021." NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 8.1 (2021): 315-318.

Siregar, Yani Sukriah, Riski Baroroh, and Camelia Sipahutar. "PERANAN GURU DALAM ADMINISTRASI SEKOLAH MENENGAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI EKONOMI MATERI POKOK UANG DAN PERBANKAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 SAYURMATINGGI." NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 8.1 (2021): 60-68.

Harahap, Andes Fuady Dharma, and Yani Sukriah Siregar. "Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Bidang Studi IPS Terpadu Materi Pokok Pengelompokan Sumber Daya Alam Di Kelas VII SMP Muhammadiyah Sibabangun Tahun Pelajaran 2018-2019." NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 6.2 (2019): 227-232.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i1.51-59

Article Metrics

Abstract view : 1107 times
PDF - 478 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.