PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY) SISWA KELAS X MIA 2 SMA NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR

Yeni Cholidah Lubis, Yuni Rhamayanti, Puspa Riani Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran Team Assisted Individually (TAI) di kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Angkola Timur. 2) Mengetahui peningkatan aktivitas siswa melalui model pembelajaran Team Assisted Individually (TAI) di kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Angkola Timur. 3) Mengetahui peningkatan kemampuan pengelolaan pembelajaran oleh guru melalui model pembelajaran Team Assisted Individually (TAI) di kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Angkola Timur. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran TAI (Team Assisted Individually). Ditinjau dari tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, Setelah dilaksanakannya tindakan PTK dapat dilihat dari tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan persentase penilaian pada siklus I 60% dan persentase penilaian siklus II 84%. Hasil yang didapatkan pada siklus II menunjukkan bahwa sudah dapat terpenuhi kategori yang diharapkan yaitu 14 ≥80%.">


Keywords


Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Team Assisted Individually (TAI)

Full Text:

PDF

References


Agus Widiyanto, Mikha, 2013. Statistika Terapan, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Akbar Hanipa, dkk. “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Siswa Kelas VIII Mts di Kabupaten Bandung Barat” Journal On Education p-ISSN 2654-5497, Vol. 1 No. 2, Februari 2018, hlm 19.

Andi Dian Angriani, dkk. “Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa” Jurnal Pendidikan Dasar Islam p-ISSN: 2407-2451, Vol.5 No. 2, Desember 2018, hlm. 212-213.

Darmadi, H., 2017. Pengembangan Model Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa, CVBudi Utama, Yogyakarta.

Fitrah, Muh. dan Luthfiyah. Metodologi Penelitian, Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus, CV Jejak, Jawa Barat.

Ica Pajriani, dkk. “Pengaruh Metode Pembelajaran Team Assisted Individually (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa” Jurnal Media Pendidikan Matematika “J-MPM” Vol. 4 No. 2, ISSN: 2338-3836, hlm. 65.

Karim, dkk. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individually (TAI) untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA” Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.4, No. 1 April 2016, hlm. 59.

Kurniawan S.Pd, Yusep, Inovasi Pembelajaran Model dan Metode Pembelajaran Bagi Guru, CV Kekata Grup, 30 April 2019, hlm. 189.

M. Irfan, A., dan Syarif, Model Pembelajaran Problem Posing and Solving: Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah, CV Jejak, Jawa Barat.

Maman Achdiyat, dkk. 2016. Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Model Pembelajaran Team Assisted Individually (TAI), Jurnal Formatif, Vol.6 : 249.

Padmini, Sri, 2017. Student Teams Achievement Divisions (STAD), Team Assisted Individually (TAI), Prestasi Belajar, Vol. V: 126-127.

Rahmawati,Puji, 2018. Mengenal Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa, hlm. 28.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i1.89-96

Article Metrics

Abstract view : 349 times
PDF - 335 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.