IMPLEMENTASI SISTEM AMONG KI HAJAR DEWANTARA DALAM MEWUJUDKAN MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMP NEGERI 6 SEMARANG

Indi Depi Trisnowati, Sri Suneki, Karyanti Karyanti, Maryanto Maryanto

Abstract


Konsepsi sistem among ini merupakan suatu pemikiran yang sangat mendasar dalam bagaimana suatu proses pendidikan itu dijalankan, oleh sebab itu konsepsi sitem among ini harus diimplementasikan dalam setiap mata pelajaran oleh seorang pendidik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi sistem among KHD dalam mewujudkan merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan pancasila di SMP N 6 Semarang. penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas yang bersifat kolaboratif. Hasil dari penelitian ini yaitu sistem among telah di implementasikan sesuai dengan konsepsinya dalam mewujudkan merdeka belajar. Terdapat tiga pilar yang telah diimplementasikan dengan baik oleh peneliti, yaitu ing ngarso sung tulodho, dibuktikan dengan guru telah memberikan dan menjadi tauladan yang baik dalam segala aspek sikap, perilaku, metode pembelajaran, kedisiplinan dan keterlibatan sosial, ing madyo mangun karso dibuktikan dengan guru telah mengambil peran aktif ditengah tengah siswa untuk membangkitkan semangat, inisiatif dan kreatif mereka. Dengan membuka dialog interaktif, berkolaborasi dalam proyek, berperan sebagai narasumber dan fasilitator, dan tut wuri handayani, Guru mendorong siswa untuk mengeksplorasi potensi mereka secara penuh, baik dalam daya, cipta, rasa, karsa maupun karya.

Full Text:

PDF

References


Aditomo, A. (2021). Kajian Akademik: Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Kemdikbud.2022. Menilik Konsep Merdeka Belajar Menurut Ki Hajar Dewantara. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/menilik-konsep-merdeka-belajar-menurut-ki-hajar-dewantara/

Sugiyono.(2015).Metode Penelitian Pendidikan.Bandung:Alfabeta

Wicaksono, A. F. (2019). Implementasi Trilogi Ki Hajar Dewantara Dalam Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Guru Di Smk Taman Siswa 1 Imogiri …. Al Iman: Jurnal Keislaman Dan …, 3(1), 53–71




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v7i3.424-430

Article Metrics

Abstract view : 200 times
PDF - 93 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.