PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS XII IPS

Gitri Jumalisa, Yulia Haryono, Lita Lovia

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah yang disebabkan karena siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran dan pada saat mengerjakan latihan siswa tidak berusaha mengerjakan latihan sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran aktif tipe Learning Start With A Question (LSQ) terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas XII IPS SMA Negeri 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen murni (true eksperimental), dengan desain yang digunakan pada penelitian ini adalah Posttest-Only Control Group Design yang teknik pengambilan sampel secara random sampling. Popilasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Negeri 12 Padang yang  terdaftar pada tahun 2023/2024 yang terdiri dari lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas XII IPS 4 dan yang terpilih sebagaii kelas kontrol adalah XII IPS 3. Instrumen yang digunakan yaitu menyusun tes, validitas tes, uji coba ts, dan melakukan analisis butir soal. Hasil analisis data diketahui kedua sampel berdistribusi normal dan variansi homogen pada taraf nyata  Hasil dari uji hipotesis diperoleh  dan  artinya  maka hipotesis diterima. Oleh karena itu, dapat dinyatakan bahwa pemahaman konsep matematis siswa ketika menggunakan model pembelajaran Learning Start With A Question lebih unggul daripada pemahaman konsep matematis siswa ketika menggunakan pembelajaran saintifik di kelas XII IPS SMA Negeri 12 Padang.

Full Text:

PDF

References


Betyka, F., Putra, A., & Erita, S. (2019). Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Segitiga. 2(2), 179–189.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. 03(2), 333–352.

Sania, Y., & Lessa, R. (2022). Jurnal Didactical Mathematics. Didactical Mathematics, 4(April), 31–39.

Sari, P. (2017). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Besar Sudut Melalui Pendekatan PMRI. Jurnal Gantang, II(1), 41–51.

Sari, S. N., Haryono, Y., & Muslim, A. P. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMAN 1 Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan.

Solikhah, Farkhatus, Widiyanto, & Oktarina, N. (2012). Penerapan Strategi Lsq Berbantuan Media Audio Visual. 1(2).

Susatyo, E. B., Rahayu, S. M., & Yuliawati, R. (2009). Penggunaan Model Learning Start With A Question Dan Self Regulated Learning Pada Pembelajaran Kimia. (1), 406–412.

Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi. 03(02), 227–237.

Zazira, S., & Nu, M. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Disposisi Matematis Siswa Kelas 11. Jurnal Peteka, 7, 81–87.

Zulfikar, Kodirun, & Rahmat. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning. 8(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v7i2.249-256

Article Metrics

Abstract view : 108 times
PDF - 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.