RANCANGAN PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI UNTUK MENGATASI MASALAH KESULITAN BELAJAR (STUDI ANALISIS DESKRIPTIF TERHADAP PESERTA DIDIK DI KELAS XII IPS 3 SMA N 1 HARAU)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu dan Supriyono, Widodo. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Abdurrahman, Mulyono. (2013). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Ahmad Juntika Nurihsan. (2013). Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Belakang Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdani. & Afifuddin. (2012). Bimbingan Penyuluhan. Bandung: Pustaka Setia
Hamdayama, Jumanta. (2015). Model dan Metode Pembaelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia
Kardo, Rici. (2013). Peningkatan Komunikasi Interpersonal Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok (Studi Eksperimen di SMA Negeri 2 Padang). Thesis. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Padang.
Koswara. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Berkesulitan Belajar Spesifik. Jakarta: Luxima Metro Media
Lilik Sriyanti. (2011). Psikologi Belajar. Salatiga: STAIN Salatiga Press.
Mangkuatmojo, S. (Ed.). (2003). Statistik Lanjutan. Rineka Cipta.
Mulyadi. (2010). Diagnosa Kesulitan Belajar dan Bimbingan terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Jogjakarta: Nuha Litera
Nawawi, H. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadja Mada University Press
Ristiyani, E., & Bahriah, E. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa di SMAN X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(1), 18-29.
Romlah, T. (2011). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang : Universitas Negeri Malang.
Rosidah, A. (2017). Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Underachiver. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 158.
Sagala, Syaiful. (2009). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta: Prenada
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA
Suryani, Yulinda Erma. (2010). Kesulitan Belajar. Magistra, 73, 39.
Utami, F. N. (2020). Peranan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume, 2(1), 93-101.
Winkel, W.S dan Hastuti, MM.Sri. (2006). Bimbingan dan Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v7i2.214-223
Article Metrics
Abstract view : 1270 timesPDF - 395 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.