ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR

Nurul Inda Auliya, Firmansyah Firmansyah

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat resiliensi matematis dan kemandirian belajar siswa dan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari resiliensi matematis dan kemandirian belajar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B MTs Lab Ikip Al Washliyah. Pengambilan data dalam penelitian ini diperoleh melalui pemberian angket, tes, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki resiliensi matematis hight dan kemandirian belajar hight mampu memenuhi sebagian indikator kemampuan komunikasi matematis dengan persentase sebesar 67%, siswa yang memiliki resiliensi matematis hight dan kemandirian belajar moderate dapat memenuhi sebagian indikator kemampuan komunikasi matematis dengan persentase sebesar 75%, siswa yang memiliki resiliensi matematis moderate dan kemandirian belajar hight juga mampu memenuhi sebagian indikator kemampuan komunikasi matematis dengan persentase sebesar 67%, dan begitu juga dengan siswa kategori resiliensi matematis moderate dan kemandirian belajar moderate juga mampu memenuhi sebagian kemampuan komunikasi matematis dengan persentase sebesar 67%. Sedangkan siswa yang memiliki resiliensi matematis low dan belajar low tidak mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan komunikasi matematis dengan persentase sebesar 25%.


Keywords


Kata Kunci: kemampuan komunikasi matematis, resiliensi matematis, kemandirian belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2018). Analisis Kualitatif Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Diberi Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Gantang, 3(2), 83–95. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.471

Ansori, A., & Hindriyanto, Y. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Resiliensi Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 253. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.5582

Asmar, A., & Delyana, H. (2020). Berpikir Kritis Melalui Penggunaan Software Geogebra. AKSIOMA, 9(2), 221–230.

Dalimunthe, I. R., & Ramadhani. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal ABSIS, 9(1), 35–46.

Fauzi, M. A., & Firmansyah. (2016). Pembentukan Belief Siswa melalui Kemandirian Belajar Matematika di Sekolah. Jurnal Ilmu Kependidikan Kopertis Wilayah I NAD-Sumatera Utara, 91–97.

Hakiki, S. N., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Kubus dan Balok Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 101–110. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1582

Harahap, I. H., & Sari, D. N. (2023). Application of Realistic Mathematics Education ( RME ) To Improve The Students ’ Mathematical Communication Ability. Edunesia:Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 598–606.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills. PT Refika Aditama.

Hidayat, T., Darhim, & Herman, T. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 1812–1828.

Kurnia, H. I., Royani, Y., Hendiana, H., & Nurfauziah, P. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP Ditinjau dari Resiliensi Matematik. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 933–940.

Lestari, A. A., & Adirakasiwi, A. G. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Disposisi Matematis. Jurnal Didactical Mathematics, 4(April), 181–190.

Noor, F., & Ranti, M. G. (2019). Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kritis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 75–82. https://doi.org/10.33654/math.v5i1.470

Nuraini, Firmansyah, & Mawengkang, H. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 49–58.

Pratama, T. Y., Rakhmat, C., Hidayat, Sunardi, Wibawanto, A., Sidik, S. A., Abadi, R. F., Utami, Y. T., & Istiandaru, A. (2019). Developing Collaborative Mathematics Learning Model for Students with Intellectual Disability. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012084

Priatna, N., & Yuliadri, R. (2019). Pembelajaran Matematika. PT. Remaja Rosdakarya.

Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Resiliensi Matematis Siswa SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187–202.

Rohmah, N. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI IPA MAN 1 CILACAP. SKRIPSI.

Salsabilah, L. S., & Desniarti. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dari Unjuk Kerja Siswa Di SMAN 1 Barumun Tengah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 576–590.

Saprizal, A., & Nindiasari, H. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Matematika pada Siswa Kelas IX SMPN 7 Kota Serang Ditinjau Berdasarkan Gender. TIRTAMATH : Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 3, 15–23.

Saputra, A., & Rusdi. (2022). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 3 Tigo Nagari. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 2(2), 115–124.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Triwahyuningsih, Y. (2015). Hubungan Resiliensi dengan Perilaku Komunikasi dalam Modifikasi Perilaku Kognitif pada Peserta Didik. Prosiding Semnas, 217–225.

Wardani, H., Nurdalilah, & Nasution, H. A. (2017). Analisis Jawaban Siswa Ditinjau dari Indikator Kemampuan Komunikasi Matematika. FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 140–150.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v7i1.49-61

Article Metrics

Abstract view : 421 times
PDF - 197 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.