UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SUPERVISI KOLABORATIF BAGI GURU SD NEGERI 157019 PINANGSORI 12 KECAMATAN PINANGSORI KAB. TAPANULI TENGAH PADA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Dengan melihat tingkat kompetensi guru dalam melakukan proses pembelajaran dikelas masih kurang perlu dilakukan supervisi ( pengawasan ) sehingga mutu pembelajaran dan hasilnya dapat meningkat, 1). Bagaimana Perkembangan proses supervisi kolaboratif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di SD Negeri 157019 Pinangsori 12 ? 2). Bagaimanakah peningkatan kompetensi profesional guru di SD Negeri 157019 Pinangsori 12 setelah diterapkan pendekatan supervisi kolaboratif ? 1).Tujuan Penelitian Tindakan Sekolah ini adalah untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di SD Negeri 157019 Pinangsori 12 2.) untuk mengetahui peningkatan kompetensi profesional guru di SD negeri 157019 Pinangsori 12 setelah diterapkan pendekatan supervisi kolaboratif. Prosedur Penelitian ini meliputi 2 Siklus dimana setiap siklus terdiri atas Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SD Negeri 157019 Pinangsori 12, dengan obyek penelitian guru – guru SD Negeri 157019 Pinangsori 12 yang berjumlah 18 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan supervisi kolaboratif dapat meningkatkan kompetensi profesional guru Pada Prasiklus rata – rata kompetensi guru sebesar 52,27 %, pada siklus I terjadi peningkatan kompetensi sebesar 70,45 % dengan kriteria cukup. Sedangkan Pada siklus II kompetensi guru mengalami kenaikan sebesar 88, 64 % dengan kriteria baik.
Kata Kunci : Meningkatkan Kompetensi Profesional guru, Pendekatan Supervisi Kolaboratif.
Full Text:
PDFReferences
Bagian ini memberikan contoh penulisan Alfonso, RJ., Firth, G.R., dan Neville, R.F.1981. Instructional Supervision, A Behavior System, Boston: Allyn and Bacon, Inc.
Ali Mohamad, 1987, Pengantar Statistik, Bandung.
Danim, Sudarwan. 2006. Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. 1982. Alat Penilaian Kemampuan Guru: Buku I. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. 1982. Panduan Umum Alat Penilaian Kemampuan Guru. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. 1996. Pedoman Kerja Pelaksanaan Supervisi, Jakarta: Depdikbud
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI .1996. Jabatan Fungsional Kepala Sekolah dan Angka Kreditnya
Jakarta: Depdikbud.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.1997. Pedoman Pembinaan Profesional Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. 1997. Pedoman Pengelolaan Gugus Sekolah: Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu Sekolah Dasar, TK dan SLB
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.1998. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Pengawas
Sekolah dan Angka Kreditnya, Jakarta: Depdikbud.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2003. Pedoman Supervisi Pengajaran. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.
Direktorat Tenaga Pendidik – Dirjen PMPTK – Depdiknas RI, 2007, Supervisi Akademik dalam Peningkatan Profesionalisme Guru, Jakarta.
Direktorat Tenaga Pendidik – Dirjen PMPTK – Depdiknas RI, 2008, Metode dan Teknik Supervisi, Jakarta.
Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar – Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014, Supervisi Pembelajaran - Bahan Materi Bimbingan Teknis Penguatan Kepala Sekolah , Jakarta.
Glickman, C.D 1995. Supervision of Instruction. Boston: Allyn And Bacon Inc.
Gwynn, J.M. 1961. Theory and Practice of Supervision. New York: Dodd, Mead & Company.
McPherson, R.B., Crowson, R.L., & Pitner, N.J. 1986. Managing Uncertainty: Administrative Theory and Practice in Education. Columbus, Ohio: Charles E. Merrill Pub. Co.
Nolan, J.F. 2011. Teacher Supervision and Evaluation. Wiley: United State of America.
Oliva, Peter F. 1984. Supervision For Today’s School. New York: Longman.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 13 tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah, Jakarta.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 tahun 2007 tentang Standar Proses Jakarta.
Pidarta, Made. 1992. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwadarminta, 2003, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Balai Pustaka Jakata.
Purwanto, Ngalim.2003. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya
Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan – Badan PSDMP & K dan PMP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2012, Supervisi Akademik – Bahan Pembelajaran Utama – Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Tingkat I Kepala Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta
Sagala dalam Zakir Hubolo (Jumat, 18 Maret 2011: 18:III)
Sergiovanni, T.J. 1982. Editor. Supervision of Teaching. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development.
Sergiovanni, T.J. 1987. The Principalship, A Reflective Practice Perspective. Boston: Allyn and Bacon.
Sergiovanni, T.J. dan R.J. Starrat. 1979. Supervision: Human Perspective. New York: McGraw-Hill Book Company.
Setya AP, 12 Februari 2012, Supervisi Pendidikan, FIP – UNY
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v2i2.83-94
Article Metrics
Abstract view : 502 timesPDF - 656 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.