PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN KECAMATAN PADANG SAGO KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Mellisa F, Salna Fitri

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Kecamatan Padang Sago kabupaten Padang Pariaman. Masalah ini muncul karena pada saat proses pembelajaran guru belum ada memberikan kegiatan pembelajaran secara kelompok, dan suasana belajarnya kurang bervariasi dan menyenangkan sehingga membuat siswa kurang semangat dalam belajar, pembelajaran masih berpusat kepada guru atau pembelajaran konvensional,kurangnya kemampuan kerja sama antar siswa, suasana belajar yang mononton dan rendahnya hasil belajar siswa kelas III di mapel matematika. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen.Untuk itu dibutuhkan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III dengan menerapkan model snowball throwing. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 03 Padang Sago dan seluruh siswa kelas III SDN 06 Padang Sago. Teknik sampel yang digunakan yaitu sampling total.Teknik pengumpulan data yang digunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.Berdasarkan analis uji hipotesis yang telah didapatkan dari penelitian ini dengan 𝛼 = 0,05 dengan pvalue nya 0,04, maka Pvalue < 𝛼, dan diperoleh t tabel= 2,06 dan nilai thitung= 2,09, thitung>ttabel. Kriteria pengujian adalah diterima Ha jika thitung mempunyai nilai yang yang lebih tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan snowball throwing terhadap pembelajaran matematika tentang keliling bangun datar di kelas III SDN kecamatan padang Sago memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa.


Keywords


Model Snowball Throwing, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Elea dalam Erman Suherman. 2001. Pembelajaran Matematika Di SD. Bandung:PT Remaja.

Gestalt. 2013. Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Jakarta.

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2017. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta Pustaka Belajar

Istarani. 2017. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: CV Iscon Medan

Jihad, Asep dan Haris Abdul. 2012. Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i2.411-417

Article Metrics

Abstract view : 86 times
PDF - 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.