PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA KELAS IV SDN 01 NAN SABARIS

Dasmita Dasmita, Silvia Herlina

Abstract


Latar belakang penelitian Sumber bahan ajar yang digunakan masih belum bervariasi serta tampilannya belum menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan validitas dan praktikalitas modul pembelajaran IPA berbasis model guided discovery learning pada kelas IV SD Negeri 01 Nan Sabaris. Penelitian pengembangan research and development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (four- D) yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan diakhiri dengan tahap pengembangan (develop). Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 01 Nan Sabaris berjumlah 32 orang. Instrumen pengumpul data yang digunakan berupa angket validasi tenaga ahli dan angket uji kepraktisan pendidik dan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validitas modul dan analisis kepraktisan penggunaan modul pembelajaran IPA berbasis model guided discovery learning. Hasil penelitian ini adalah sebuah produk berupa modul pembelajaran IPA berbasis model Guided Discovery Learning pada kelas IV IPA SDN 01 Nan Sabaris. Dari hasil analisis terhadap uji validasi modul pembelajaran, maka modul yang dikembangkan berkategori sangat valid dengan tingkat kevalidan sebesar  87,68%. Tingkat praktikalitas modul dari pendidik dan peserta didik 86,03% dengan kategori sangat praktis.


Keywords


Modul pembelajaran IPA, GDL, Validitas, Pratikalitas

Full Text:

PDF

References


Dependiknas .2008. Penulisan Modul.jakarta.

Helmiati. 2012. Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.

Kamajaya, Ketut Dan Purnama, Wawan. 2018. Buku Siswa Aktif Dan Kreatif Belajar Fisika. Bandung :Grafindo Media Pratama.

Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Direktorat Bina Operasi Dan Pemeliharaan tahun 2019 tentang Modul Panduan Menyusun Modul Pelatihan Bimbingan Teknik Pengembangan Tata Guna Air Dalam Rangka Pelatihan Teknis Instruktur Ptga.

Markaban. 2008. Model Penemuan Terbimbing Pada Pembelajaran Matematika SMK. Yogyakarta : Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Marzuki, M., dan Murni Ramli. 2017. “Pengembangan Modul Plantae Berbasis Guided Discovery Learning Terintegrasi Potensi Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Lombok Timur”. Jurnal pendiidkan biolagi.(online)10(2),47–54. https://pdfs.semanticscholar.org/ef91/0599bef0ca5001c2ff97c3c073ed17e83345.pdf. (Diakses 10 mei 2020).

Mulyasa.(2014). Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Permatasari, W. (2020).“Analisis (Hanis Destrini, Nirwana, Indra Sakti, 2018)Validitas dan Praktikalitas dari Modul Minyak Bumi Berbasis Guided Discovery Learning”.Jurnal Edukimia, (online)2(1),25-31.

http://edukimia.ppj.unp.ac.id/ojs/index.php/edukimia/article/view/118. (diakses 11 mei 2020).

Permendikbud No.69 tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/ Madrasah.

Prastowo,Andi. 2011. panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif : menciptakan metode yang menarik dan menyenagkan. Yogyakarta: diva press.

Priansa, Donni juni. 2017. Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran Inovatif, Kreatif, Dan Prestatif Dalam Memahami Peserta Didik. Bandung: CV Pustaka Setia.

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Supliyadi, Dkk. 2017. “Penerapan Model Guided Discovery Learning Berorientasi Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI”.Jurnal Profesi Keguruan. (online) Vol. 3, No.2. 205-212. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk.(diakses 11 mei 2020).

Suryani,N.T., Prayitno, B.A.,& Rinanto,Y.(2018). Pengembangan Modul berbasis Guided Discovery Pada Materi Sistem Pernapasan Untuk meningkatkan Kemampuan berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Surakarta. Inkuiri : Jurnal Pendidikan IPA, 7(1),101-110.

https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Jurnal+suryani+2018+pengembangan+&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3Dw4lFG_H5tK0J.

Thiagarajan, S. Semmel, D.S & Semmel, MI. (1974).Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana:Indiana University Bloomington.

Trianto.2012.Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta:BumiAksara.

Undang Undang Republik Indonesia No.20 tahun 2003 pasal 1 tentang sistem pendidikan nasional.

Wanti, R., & Yerimadesi, Y. (2019).“Pengembangan Modul Reaksi Reduksi dan Oksidasi Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas X SMA”.Edukimia,(online)1(2),38-45. http://edukimia.ppj.unp.ac.id/ojsndex.php/edukimia/article/view/5/5. (Diakses 11 mei 2020).

Wanti, R., & Yerimadesi, Y. (2019).“Pengembangan Modul Reaksi Reduksi dan Oksidasi Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas X SMA”.Edukimia,(online)1(2),38-45. http://edukimia.ppj.unp.ac.id/ojs/index.php/edukimia/article/view/5/5. (Diakses 11 mei 2020).

Trianto.2012.Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta:BumiAksara.

Undang Undang Republik Indonesia No.20 tahun 2003 pasal 1 tentang sistem pendidikan nasional.

Wanti, R., & Yerimadesi, Y. (2019).“Pengembangan Modul Reaksi Reduksi dan Oksidasi Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas X SMA”.Edukimia,(online)1(2),38-45. http://edukimia.ppj.unp.ac.id/ojs/index.php/edukimia/article/view/5/5. (Diakses 11 mei 2020).

Wena, Made. 2011. Starategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i2.401-410

Article Metrics

Abstract view : 215 times
PDF - 87 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.