PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS V SEKOLAH DASAR DI PADANG PARIAMAN

Novri Yaldi

Abstract


Kurikulum 2013 yang menghendaki adanya proses pembelajaran yang bersifat student center dalam proses pembelajaran.. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dengan ketersediaan bahan ajar yang dapat membangkitkan motivasi, kreatifitas, dan kemampuan siswa dalam belajar mandiri. Dilapangan memperlihatkan tidak tersedianya bahan ajar yang dapat membangkitkan motivasi, kreatifitas dan kemandirian siswa untuk menggali dan menemukan sendiri konsep pengetahuan yang dipelajari. Berdasarkan latar belakang tersebut maka penulis menggunakan model pembelajaran berbasis discovery learning sebagai alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pengembangan bahan ajar yang dapat menuntun siswa untuk belajar secara mandiri, kreatif, dan dapat melatih kemampuan siswa dalam menemukan, mengumpulkan, dan mengolah informasi sehingga mampu menemukan sendiri konsep pengetahuan yang tengah dipelajari. Penelitian pengembangan ini menggunakan desain penelitian menurut Plomp yang terdiri atas 3 fase yaitu, preliminary research, prototyping phase, dan assesment phase. Data penelitian ini diperoleh dari uji validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Hasil penelitian dari uji validitas menunjukkan bahan ajar berbasis model discovery learning sudah sangat valid. Hasil uji praktikalitas dari respon guru dan siswa menunjukkan kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahan ajar berbasis model discovery learning efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa.


Keywords


Bahan ajar, Model discovery learning

Full Text:

PDF

References


Amir, M. Taufik. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: kencana

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan

Desfira Mustika Ayu, 2013. Pengembangan Modul Biologi yang Dilengkapi dengan LKS Berorientasi Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan untuk Kelas X. Padang: UNP

Habibi, 2012. Pengembangan Modul Pecahan Berbasis Konstruktivisme dengan Sisipan Karikatur untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Padang: UNP

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia

Mulyadi.2006. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Menggunkan Komik di Kelas I Sekolah Dasar. Surabaya: UNESA

Nurmaliati. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SMA Materi Suhu dan Kalor Terintegrasi Thermoregulasi pada Manusia menggunakan Model Problem Based Learning

Plomp,T.2013.Education Design Research and Introduction, dalam Tjeerd Plomp dan Nienke Nieveen (Eds),Educatonal Design Research Part A:An Introduction (hlm.9-35).Enschede:slo.

Prastowo, andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: Diva Press

Purwanto, Ngalim. 2006. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rahaju, Endang Budi. 2014. Bahan Ajar Bridging Course. Jakarta: Kemdikbud

Riyanto, Yatim.2010. Pardigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Persada Media

Sardiman A.M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sinaga, Manguntur. 2007. Terampil Berhitung Matematika untuk SD kelas IV. Jakarta: Erlangga

Sukajati. 2008. Pembelajaran Operasi Penjumlahan Pecahan di SD Menggunakan Berbagai Media.

Suryantara. 2012. Langkah-Langkah Mengembangkan Bahan Ajar.

Tim Kreatif. 2010. Matematika SD/MI. Jakarta: Bumi Aksara

Walpole, Ronald E.1988.Pengantar Statistika. Jakarta: Gramedia

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer. Jakarta: Bumi Aksara

Yusuf, Syamsu LN. 2009. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i2.387-400

Article Metrics

Abstract view : 459 times
PDF - 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.