FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MEMPELAJARI PERANGKAT KONFIGURASI JARINGAN PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR JARINGAN DI SMK TAMANSISWA PADANG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya mahasiswa yang menganggap konfigurasi jaringan tidak penting karena hanya digunakan untuk menguji keterampilan, banyak mahasiswa yang tidak memperhatikan saat belajar mengkonfigurasi perangkat jaringan, beberapa mahasiswa tidak mahir dalam konfigurasi jaringan. perangkat. Ada batasan siswa saat menggunakan perangkat konfigurasi jaringan. , siswa mengalami kesulitan dalam memahami mata pelajaran dan terdapat siswa yang masuk KKM. Jenis penelitian kuantitatif ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif.Populasi penelitian ini adalah 42 orang..contoh teknissampel sintetik.Jumlah sampel yang dikumpulkan adalah 42 individu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode survei.Teknik analisis data menggunakan Microsoft Excel dan program Social Science Statistics (SPSS) versi 20.00 dan statistik deskriptif dengan menu frekuensi dan persentase serta korelasi. Hasil penelitian menunjukkan minat mahasiswa terhadap perangkat konfigurasi jaringan dan mata kuliah manajemen infrastruktur jaringan cukup tinggi.Analisis korelasiFaktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa terhadap perangkat konfigurasi jaringan pada mata kuliah Manajemen Infrastruktur Jaringan di SMK Tamensiswa Padang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel X yaitu unsur minat belajar intrinsik. Pada variabel Y yang ditandai dengan hasil follow up sebesar 0,00 terdapat hubungan yang signifikan dengan nilai korelasi Pearson sebesar 0,907 yang berarti derajat hubungannya erat.
Full Text:
PDFReferences
Pratiwi, NK (2017). Pengaruh tingkat pendidikan, minat orang tua dan preferensi belajar siswa terhadap keberhasilan belajar bahasa Indonesia siswa SMA Kedokteran Kota Tangerang. Pujangga, 1(2), 31. https://doi.org/10.47313/pujangga.v1i2.320
Charli, L., Ariani, T., dan Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Jasmani. Jurnal Pendidikan Sains dan Fisika (SPEJ), 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727
Eka, I., Putra, Kuswanto, H., Putra, DC, Pinandito, A., Pramukantoro, ES, Linda, Lubis, RF, Raharjo, S., & Sutanta, E. (2013). Desain jaringan berbasis hotspot. Jurnal Mahasiswa PTIIK UB, 1(1), 11.
Esma, A. (2017). STATUS MOTIVASI BELAJAR DAN BELAJAR SISWA. 5(2).
Friantini, RN dan Winata, R. (2021). Saat belajar matematika. Jurnal Evaluasi Diklat, 4, 70-75.
Harefa, N., Tafonao, GS, dan Hidar, S. (2020). Analisis minat belajar kimia siswa melalui pembelajaran multimedia. Paedagoria: Jurnal Penelitian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 11(2), 81-82. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i2.2347
Laras, SA dan Rifai, A. (2019). Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di BBPLK Semarang. Jurnal Keberadaan Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 4(2), 121-130. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/E-Plus/article/view/7307
Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru untuk membangun motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan, 5(2), 216-232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Pane, A. dan Darwis Dasopang, M. (2017). Bekerja dan bekerja. FITRAH: Jurnal Kajian Islam, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Pratiwi, IA, Ardianti, SD, dan Kanzunnudin, M. (2018). PENGUATAN KOLABORASI PROJECT BASED LEARNING MODEL (PjBL) DIDUKUNG METODE PENDIDIKAN DAN KURSUS ILMU SOSIAL. Refleksi Pendidikan: Jurnal Pendidikan, 8(2), 1-12. https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357
PRIHATINI, E. (2020). PENGARUH METODE DAN HASIL PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Petunjuk, 1(2), 152. https://doi.org/10.24853/instructional.1.2.152-158
Sulfemi, WB dan Supriyadi, D. (2018). Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar mata pelajaran sosiologi. Jurnal Ilmiah Edutechno, 18(2), 1–19.
Sumardi, S. dan Zaen, MTA (2018). Merancang jaringan komputer berbasis MikroTik RouterOS di SMAN 4 Praya. Jurnal Teknik Informatika dan Elektronika, 1(1), 50. https://doi.org/10.36595/jire.v1i1.32
Tanjung, YP (2022). Hubungan minat belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas V Mis Nurul Hikmah Ujung Padang. Pelopor: Jurnal Pendidikan, 11(1), 102–119. https://doi.org/10.22373/pjp.v11i1.13108
Bella, Y., Suhendri, H., dan Ningsih, R. (2019). Peran kekuatan dua metode pengajaran terhadap keterampilan pemecahan masalah. Jurnal Mercumatic: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 129. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.821
Duli, N. (2019). METODE PENELITIAN KUALITATIF.pdf. Disiarkan secara mendalam.
Ideswal, I., Yahya, Y., dan Alkadri, H. (2020). Kontribusi lingkungan sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru kelas. Jurnal Basicedu, 4(2), 460–466. https://doi.org/10.31004/basicdu.v4i2.381
sugiono (2020). Periksa validitas dan reliabilitas Alat Penilaian Postur SG. Jurnal Fisioterapi, 5(1), 55–61. https://doi.org/10.37341/jkf.v5i1.167
Zellatifanny, CM dan Mudjyanto, B. (2018). Mendefinisikan jenis penelitian dalam penelitian media. Diakom: Jurnal Media dan Komunikasi, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i2.305-318
Article Metrics
Abstract view : 922 timesPDF - 352 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.