IMPLEMENTASI METODE PERMAINAN BISIK BERANTAI DAN MEDIA CANVA DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT

Nida Hanifah, Sofyan Sauri, Yusuf Ali Tantowi

Abstract


Penguasaan mufrodat sangat penting bagi siswa dalam mempelajari bahasa Arab. Meski demikian, banyak siswa yang masih menghadapi kesulitan dalam menguasainya karena minat belajar yang kurang. Hal tersebut terjadi dikarenakan metode dan media ajar yang dipakai tidak sesuai. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menilai seberapa efektif proses pembelajaran siswa dalam mengimplementasikan metode permainan bisik berantai dan media Canva dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas V SDIT At-Taqwa Gegerkalong Bandung dalam mempelajari mufrodat bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas dua siklus serta melibatkan 22 siswa sebagai subjek penelitian. Data yang dikumpulkan mencakup data kualitatif yang diperoleh melalui observasi peneliti di sekolah, serta data kuantitatif diperoleh melalui angket siswa dan nilai tes (pre-test) dan (post-test). Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan metode permainan bisik berantai dan media Canva terbukti efektif dalam meningkatkan penguasaan mufrodat bahasa Arab siswa, dengan peningkatan nilai siswa dari 45,4% pada siklus I menjadi 81,8% pada siklus II.


Keywords


bisik berantai, Canva, implementasi, metode permainan,, mufrodat

Full Text:

PDF

References


Al Ayubi, S. (2021). PENERAPAN METODE MULTI GAMES DALAM PEMBELAJARAN MUFRODAT DI LKP IBNU KHALDUN DRIYOREJO GRESIK. Fatawa: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 31. http://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/fatawa

Amiruddin, Ani., M. Misnah. , M. S. (2022). METODE PERMAINAN BISIK BERANTAI DALAM MAHARAH ISTIMA’ SISWA KELAS VIII MTS ATTAUFIQ PADAELO KABUPATEN BARRU. Al-Fashahah: Journal Of Arabic Education, Linguistics, and Literature, 2(1), 33.

Amrina, Mudinillah, A., & Ulya, F. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Benime untuk Pembelajaran Mufradat Siswa Kelas 1 di MIN 1 Solok. Arabia, 13(2), 191. https://doi.org/10.21043/arabia.v13i2.12510

Ansori, Choirul., H. N. (2020). Bahasa Arab Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (Sint. ,Rizkyaningtyas, R. Sopianah, Ed.; 1 ed.). Yudhistira.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2019). Penelitian Tindakan Kelas (III). PT. Bumi Aksara.

Ashari, K. (2020). PROBLEMATIKA PEMILIHAN MATERI MUFRODAT MENURUT PERSPEKTIF RUSYDI AHMAD THU’AIMAH. El-Tsaqafah, 19(1), 217.

Handayani, E. Utari. , H. N. (2019). Eksperimentasi Permainan Bisik Berantai dalam Meningkatkan Maharah Istima dan Kalam Siswa Kelas VIII MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 4(1), 10.

Hastuti, E. W., & Ersta, L. (2018). MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI BERMAIN PESAN BERANTAI. Jurnal Audi, 2(2), 97. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud

Hasyim, S. (2016). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MUFRADAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRI DAYAH DI KOTA BANDA ACEH. Lisanuna, 5(1), 145.

Hunaidu., S. M. (2019). PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB SISWA PONDOK DARUL ARQAM MUHAMMADIYAH PUNNIA PINRANG. Al-Maraji’, 3(1), 82.

Imron, A., & Fajriyyah, D. F. (2021). Penggunaan Metode Bernyanyi dalam Menghafal Mufrodat (Kosakata) Bahasa Arab di MI. Dawuh Guru, 1(1), 42. https://doi.org/10.35878/guru/v1i1.255

Istiqomah, H. (2020). TATHBÎQ AL LU’BATAIN “HIMS AL FI’L" WA “AL ‘IDD WA AL TASHFÎQ” FÎ SMP PLUS CORDOVA BANYUWANGI. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 3(1), 63. https://doi.org/10.35931/am.v3i1.203

Kokomaking, Y. O., & Usman, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Menyimak Melalui Teknik Bisik Berantai. INTERFERENCE: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 2(2), 84.

Kusyanti, E. (2018). Upaya Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Melalui Media Gambar Pada Pembelajaran Bahasa Arab kelas VII-5 Semester I Madrasah Tsanawiyah Negeri 24 Jakarta Tahun Pelajaran. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 4(3), 74.

KMA No 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Pada Madrasah, 171 (2019). https://www.ayomadrasah.id/2019/08/kma-183-tahun-2019-kurikulum-pai-b-arab.html

Muchtar, M. I. (2018). KITAB PADA MAHASISWA MA’HAD AL-BIRR UNISMUH MAKASSAR. Al-Maraji’, 2(2), 15.

Putri, M. E. dan N. (2021). Pengaruh Bermain Pesan Berantai Terhadap Keterampilan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD. Bunga Rampai Usia Emas, 7(1), 41.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i2.276-286

Article Metrics

Abstract view : 2163 times
PDF - 959 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.