PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA POKOK BAHASAN UNSUR-UNSUR WARNA DALAM DESAIN GRAFIS DI SMK NEGERI 1 KOTO BARU

Andes Pratama, Adlia Alfiriani, Anggri Yulio Pernanda

Abstract


Permasalahan yang ada pada pokok bahasan unsur-unsur warna dalam desain grafis di SMK Negeri 1 Koto baru, belum tersedianya media pembelajaran berbasis gamifikasi, siswa belajar menggunakan modul yang di bagikan sehingga siswa sulit untuk memahami materi saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan 4-D(Four D). Subjek penelitian ini berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala likert. Teknik analisis data dalam pengembangan media pembelajaran interaktif adalah kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan nilai rata-rata uji validitas media sebesar 87.77% dengan kategori sangat valid, validitas materi sebesar 92.30% dengan kategori sangat valid.  Dapat disimpulkan bahwa dari hasil validasi ahli media dan ahli materi media pembelajaran interaktif dapat dinyatakan sangat valid. Uji praktikalitas media pembelajaran berbasis gamifikasi dari data pratikalitas guru dan peserta didik sebesar 84,81% dengan kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan respon guru dan peserta didik untuk media pembelajaran interaktif sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.


Full Text:

PDF

References


Aini Rembulan, Rizki Wahyu Yunian Putra. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Gamifikasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa SMP”. Tanaman Sereal Untuk 51(1):51.

Akhmad, EPA 2018. “Pengembangan Media Berbasis Komputer Untuk Pembelajaran Pengisian Surat Pemberitahuan Ekspor Barang Dan Surat Pemberitahuan Impor Barang Di Jurusan Pelayaran Program Diploma Tata Niaga Universitas Hang Tuah Surabaya (Pengembangan Computer Base).” Jurnal Pelayaran dan Aplikasi Pelabuhan 9(1) :1) –12.

Azizah, AR 2020. "Menggunakan Smart Apps Creator (SAC) untuk Mempelajari Pemanasan Global." Prosiding Seminar Nasional Fisika Unesa (SNF) 4(2):72–80.

Dewi, Nanda, R.Eka Murtinugraha dan Riyan Arthur. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Teori dan Praktikum Plumbing Program Studi Sarjana Pvkb Unj.” Jurnal Pensil 7(2):95–104. doi: 10.21009/pencil.7.2.6.

Dwi Surjono, Herman. 2017. Multimedia Pembelajaran Interaktif.

Dwiqi, Gede Cris Smaramanik, I.Gde Wawan Sudatha, and Adrianus I. Wayan Ilia Yuda Sukmana. 2020. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Edutech Undiksha 8(2):33. doi: 10.23887/jeu.v8i2.28934.

Fatria, Fita. 2021. “Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2021 Sosialisasi PKM Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD Negeri 064034 Medan Johor.” Dalam Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian 4(1):95–101.

Hingide, Meigi Nivgi, Alfrina Mewengkang and Cindy Pamela Cornelia Munaiseche. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Platform Android Pada Mata Pelajaran Sekolah Menengah Kejuruan.” Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1(5):557–66. doi: 10.53682/edutik.v1i5.2922.

Indriyani, Lemi. 2019. “Penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kognitif siswa.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2(1):17–26.

Isran Rasyid Karo-Karo S & Rohani. 2018. “Manfaat Media Dalam Pembelajaran.” Jurnal Pensil VII,(2087 – 8249):88–100.

Jaiz, Mutiara, Rian Vebrianto, Zulhidah Zulhidah and Mery Berlian. 2022. “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Smart Apps Creator Pada Pembelajaran Tematik SD/MI.” Jurnal Basicedu 6(2):2625–36. doi: 10.31004/basedu.v6i2.2428.

Khasanah, Khasanah dan Rusman Rusman. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Smart Apps Creator.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 13(2):1006–16. doi: 10.35445/alishlah.v13i2.549.

Mahdavi, Farshad, Farahnaz Rostami and Dara Alvandfar. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash Cs5 Tema 8 Lingkungan Sahabat Subtema 1 Masyarakat dan Lingkungan Kelas V SD Negeri 104208 Cinta Rakyat Tahun 2019/2020.” Jurnal Obstetri, Ginekologi, dan Infertilitas Iran 23(2):1–8.

Murdani, Murdani, Ibnu Rasyid Munthe dan Sudi Suryadi. 2020. “Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Komputer (Cbi) Pada Aplikasi Pendidikan Jamu.” Jurnal Teknik Informatika U-NET 4(1):25–36. doi: 10.52332/u-net.v4i1.188.

Nadeak, Bashan. 2021. “Meningkatkan Kemampuan Menulis (BI) dan Cara Menulis Nilai Uang (MAMA) Menggunakan Media Audio Visual Bagi Siswa Kelas II SD N 3 Pasar Pangururan Tahun Pelajaran 2020.” 1(2):49–58.

Nurinda, Ritza. 2019. “Pengaruh Multimedia Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan 3(1):43. doi: 10.26740/jdmp.v3n1.p43-48.

Nurrita. 2018. “Kata Kunci: Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa.” Miskat 03:171–87.

Prasetyo, Matriks Agoes. 2021. “Penggunaan Bahan Ajar Berbasis SAC untuk Mendukung Pembelajaran Virtual.” Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Diakses pada 11 Desember 2022 (https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/peuntungan-bahan-ajar-berbasis-sac-untuk-support-pembelajar-virtual/).

Rauf, Alfira, Sadriana Ayu and Uyunnasirah Hambali. 2022. “Perancangan Media Pembelajaran Kriya Berbasis Aplikasi Cerdas Kreator.” 5(3):226–32.

Ridwan. 2020. Dasar-dasar Statistik. ID Prana. London: ALPHABETA.

Risa Nur dan Wahyu. 2020. Metode Penelitian R&D. diedit oleh A.Rosid. Malang: Lanjutkan. Literasi Nusantara Abadi.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabet Bandung.

Suryani, Ade, M. Basir dan Rusmin R. 2014. “Pengembangan Model Game Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Muhammadiyah 1 Palembang.” Jurnal PROFIT Studi Ekonomi dan Pendidikan Ekonomi 1(1):1–13.

Syahputra, Fariz Krisna, and I. Gusti Lanang Putra Eka Prismana. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 3D Berbasis Android Untuk Kelas XI SMKN 1 Driyorejo Gresik.” 5(2):763–68.

Nasib, Muhamad. 2017. “Kepomath Go 'Penerapan Konsep Gamifikasi Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa.'” Riset Pendidikan INSANI 20:1–6.

Tarigan, Astuty Sriwahyuni, Abdul Hamid K and Efendi Napitupulu. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Keterampilan Komputer dan Manajemen Informasi (KKPI).” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan 6(1):13. doi: 10.24114/jtikp.v6i1.16935.

Yallah, Sri Okta Rafdi dan Yasdinul Huda. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Smart App Creator3 Berbasis Android Pada Mata Kuliah Kerja Bengkel Dan Mata Pelajaran Gambar Teknik Di SMKN 1 Sumatera Barat.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6(1):1244–55.

Zainy, A., HN Nasution, dan IS Ahdi Lubis. 2020. “Media Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Sekolah Dasar Di Padang Sidempuan.” Jurnal Pendidikan dan Pembangunan 8(4):527–31.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i2.297-304

Article Metrics

Abstract view : 1334 times
PDF - 606 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.