PELAKSANAAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA: STUDI DI SMA NEGERI 4 PROBOLINGGO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan sebuah deskripsi yang lebih utuh dan mendalam dari pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 4 Probolinggo. Profil Pelajar Pancasila memiliki enam kompetensi antara lain: Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; Berkebinekaan global; Bergotong royong; Mandiri; Bernalar kritis; dan Kreatif. Keenamnya saling berkaitan dan menguatkan sehingga upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang utuh membutuhkan berkembangnya keenam dimensi tersebut secara bersamaan, tidak parsial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Dari hasil pengamatan, wawancara, dan kajian dokumen didapatkan hasil bahwa implikasi pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila tema Kewirausahaan di SMA Negeri 4 Probolinggo tampak pada perubahan pola pikir dan perilaku peserta didik yang sudah mulai tertarik untuk berwirausaha sejak dini. Hal ini menunjukkan Profil Pelajar Pancasila dimensi Kreatif serta Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia. Selain dua dimensi tersebut, juga ada tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yang lain yang terwujud, yaitu: gotong royong, mandiri, dan bernalar kritis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Hardika, Aisyah, E. N., Raharjo, K. M., & Aptiningsari, D. (2020). Pembelajaran Transformatif: Model Pembelajaran yang Memberdayakan (I). Universitas Negeri Malang.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). “Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah.” Jurnal Manajemen Pendidikan …, 2(1), 76–84. https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/388
Kemendikbud Ristek. (2021a). Kurikulum Operasional pada Program Sekolah Penggerak dan SMK PK.
Kemendikbud Ristek. (2021b). Materi pelatihan program sekolah penggerak. In Dirjen GTK Kemdikbud.
Laksana, S. D. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Teknologi Pendidikan Abad 21. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(01), 14–22. https://doi.org/10.25217/jtep.v1i01.1289
Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3), 464–468.
Sari, F. B., Amini, R., & Mudjiran. (2020). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/971
Setiono, P., Yuliantini, N., & Dadi, S. (2020). Meningkatkan Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(1), 86–92. https://doi.org/10.33369/pgsd.13.1.85-92
Sufyadi, S., Harjatanaya, T. Y., Adiprima, P., Satria, M. R., Andiarti, A., & Herutami, I. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA). Kemendikbud Ristek.
Universitas Negeri Malang. (2017). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Tugas Akhir, Skripsi, Artikel, Makalah, dan Laporan Penelitian-Edisi Keenam. Malang: UM Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i2.319-328
Article Metrics
Abstract view : 6000 timesPDF - 3602 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.