PENGGUNAAN MEDIA KOMIK ONLINE BERTEMA PAHLAWAN INDONESIA DENGAN MODEL NHT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMAN 12 PEKANBARU

Eis Yani, Bedriati Ibrahim, Asril Asril

Abstract


Kegiatan pembelajaran cenderung monoton dan membosankan sehingga siswa kurang aktif dan kurang termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal tersebut terjadi karena kurangnya kreativitas dan inovasi guru dalam memilih dan menggunakan model dan media pembelajaran yang menarik agar siswa termotivasi dalam mengikuti pembelajaran sejarah. Adanya tuntutan perkembangan zaman juga membuat guru harus mampu memanfaatkan teknologi untuk mempermudah proses pembelajaran sejarah seperti memanfaatkan teknologi dalam mengembangkan media pembelajaran yang menarik. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dengan menggunakan media komik online bertema pahlawan Indonesia dengan modelkepala bernomor bersama (NHT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan prosedur penelitian yang terdiri dari perencanaan (planning ) , tindakan ( action ), observasi ( observasi ), dan refleksi ( refleksi). ). Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMAN 12 Pekanbaru dengan subyek penelitian yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini data yang diperoleh dari setiap siklus diolah dengan menggunakan Teknik analisis data deskriptif analitik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa siklus 1 yaitu 59,64% kemudian meningkat pada siklus 2 menjadi 82,85% dan telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 60%. Kemudian motivasi belajar siswa siklus 1 memperoleh proporsi rata-rata sebesar 60,06% dan meningkat pada siklus 2 menjadi 83,98% dan telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media komik online bertema pahlawan Indonesia dengan model numbered head together (NHT) dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa.


Keywords


Komik Online Bertema Pahlawan Indonesia; NHT; Motivasi Belajar; Pembelajaran Sejarah

Full Text:

PDF

References


Fadrianto, A. (2019). E-Learning Dalam Kemajuan Iptek Yang Semakin Pesat. Indonesian Journal of Networking and Security (IJNS), Vol.8, No.4.

Kholis, N. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII SMP Islam Unggulan Miftahul Ulum Bandar Sribhawono Lampung Timur TP. 2015/2016). Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, Vol.2, No.1, 69-88.

Suryani, K. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Wonokromo II Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol.1, No.1, 1-10.

Sriyati, S., & Si, M. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung: Pustaka Book.

Romadhon, Mohamad. (2015). Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Teuku Umar Semarang Melalui Penggunaan Media Film Dokumenter Tahun Pelajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i2.232-240

Article Metrics

Abstract view : 379 times
PDF - 145 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.